batampos.co.id – Memproduksi produk hukum daerah yang terarah, Bagian Hukum Setda Kota Tanjungpinang mengadakan pelatihan e-drafting produk hukum.

Pelatihan diadakan guna mengetahui teknis penyusunan rancangan, sejumlah peraturan daerah melalui sistem teknologi digital. Sehingha diharapkan produk hukum daerah menjadi tertib administrasi dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Kami memahami, Pemko belum memiliki SDM yang kompeten dalam penyusunan produk hukum ini, maka perlu belajar agar produk hukum yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik,” ujar Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono kemarin.

Secara umum, pelaksanaan kegiatan ini memuat materi pokok yaitu teknik penyusunan peraturan perundang-undangan. Juga keikutsertaan masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pembahasan, pengesahan dan penetapan serta pengundangan yang merupakan langkah dasar dalam pembentukan peraturan perundang-undangan.

“Kami mengharapkan melalui kegiatan legal drafting penyusunan produk hukum ini, akan semakin memberikan pemahaman tentang teknik penyusunan produk hukum yang ada,” sambung Riono.

Hal tersebut seperti Perda, Perwako dan SK diharapkan lebih tertib dan terarah. Sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dan tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta terkoneksi secara langsung melalui aplikasi yang akan dibuat. (aya)