Ketua TP PKK Bintan, Deby Maryanti bersama petugas kesehatan saat mengunjungi rumah-rumah masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat. F Kominfo untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan mencatat sebanyak 974 peserta kaum wanita atau ibu-ibu yang telah mengikuti Program Pelayanan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara secara Gratis setiap hari Kamis di seluruh Puskesmas Kabupaten Bintan.

Dari 974 peserta tersebut, 2 peserta didiagnosis positif menderita kanker serviks.

Hal tersebut dikatakan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Yosei Susanti Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan, Jumat (12/10) pagi.

“Hingga saat ini, hasil diagnosa secara keseluruhan ada 2 peserta yang positif terindikasi menderita kanker serviks dan sudah dilakukan penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti yang juga pencetus ide “Gerakan Kamis Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara secara Gratis” menuturkan bahwa pentingnya perlindungan masyarakat Kabupaten Bintan khususnya kaum ibu-ibu terhadap bahaya penyakit kanker serviks dan K
Kanker payudara wajib dilakukan.

Dia mengatakan pihaknya akan terus berusaha melakukan sosialisasi dan imbauan atas pentingnya pemeriksaan kanker serviks dan payudara sebagai bagian dari pencegahan dini untuk membantu masyarakat khususnya kaum ibu-ibu terhadap bahaya kanker serviks dan kanker payudara.

“Alhamdullilah hingga saat ini antusiasme masyarakat masih sangat tinggi. Bahkan tahun 2017 yang lalu , ada 1.445 ibu-ibu yang ikut serta,” tutupnya. (met)