Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi

batampos.co.id – Peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Sebagai pengemban polisi masyarakat, perannya tidak hanya pada persoalan kriminal, namun dapat menyelesaikan persoalan lainnya yang terjadi di tengah masyarakat.

Peran Bhabinkamtibmas harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat Kelurahan atau desa. Bhabinkamtibmas harus mendengar lebih jelas tentang segala hal yang menjadi keluhan di tengah masyarakat.

“Kami berharap adanya pos-pos Bhabinkamtibmas dapat dimaksimalkan untuk memecahkan masalah yang terjadi di tengah masyarakat,” kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

Dukungan masyarakat, kata Ucok, sangat diperlukan untuk mendukung tugas-tugas kepolisian dalam memberikan pengamanan dan menciptakan situasi yang kondusif di tengah masyarakat. “Polisi tidak bisa bekerja sendiri, peran masyarakat dan pemerintah juga diperlukan,” katanya.

Dengan adanya pos-pos Bhabinkamtibmas yang dibangun oleh masyarakat dan pemerintah, menjadi bukti nyata peran masyarakat dalam mendukung upaya dan kinerja polisi menciptakan keamanan dan ketertiban. “Peran Bhabinkamtibmas menjadi solusi untuk memecahkan suatu masalah,” tegasnya. (odi)