TANJUNGPINANG – Kini ada destinasi wisata baru di Penyengat. Namanya Pasar Warisan. Bukan serupa pasar tradisional pada umumnya.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma ketika mengenakan tanjak kepada panitia Pasar Warisan di Penyengat, Minggu (14/10). F. Humas Pemko

Pasar ini merupakan destinasi wisata baru yang ada di Penyengat, tempatnya di areal Bukit Kursi. Adalah Generasi Pariwisata Indonesia atau yang akrab disapa GenPI Tanjungpinang yang menggagas pembentukan destinasi wisata baru ini.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengapresiasi inisiatif anak muda yang tergabung dalam GenPI untuk mendukung pembangunan pariwisata.
“Saya yakin dengan adanya destinasi baru di Penyengat ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan lokal maupun asing ke Penyengat,” kata Rahma yang menghadiri peresmian lokasi tersebut, Minggu (14/10).
Rencananya Pasar Warisan ini akan dibuka setiap akhir pekan. Konsepnya sangat anak muda sekali dengan mengedepankan konsep wisata berfoto kekinian. Belum lagi, agar kian menambah daya tarik, turut digelar bazar kuliner tempatan di sana.
Pasar Warisan ini memang menyasar komunitas wisatawan muda yang kini sedang bergairah. Ketika sehari dibuka, tampak pengunjung didominasi oleh anak-anak muda yang berasal dari luar Penyengat.
Nurfatilla Afidah, salah seorang warga Penyengat, menuturkan pembukaan Pasar Warisan ini memang menggairahkan kembali kunjungan anak muda ke Penyengat yang selama beberapa waktu terakhir seperti berkurang. Pasalnya, selama ini Penyengat memang lebih identik dengan wisata religi atau ziarah yang kurang diminati.
“Tetapi dengan ditambah fasilitas kekinian itu, semakin banyak anak muda yang datang. Sekalian mereka juga biasanya ikut belajar sejarah di Penyengat,” pungkasnya. (aya)