batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dan DPRD Kabupaten Bintan sepakat menjadikan APBD Kabupaten Bintan lebih berkualitas, baik dari segi serapan, sasaran maupun porsi belanja.

Bupati Bintan Apri Sujadi dan Ketua DPRD Bintan Nesar Ahmad menandatangani komitmen bersama dalam menjalankan sistem perumusan perencanaan penganggaran APBD Kabupaten Bintan saat Rapat Kerja Daerah Kabupaten Bintan di Aula Convention Centre, Badra Hotel, Kecamatan Toapaya, Selasa (16/10) pagi.
F.Kominfo untuk Batam Pos.

Komitmen bersama dalam menjalankan sistem perumusan perencanaan penganggaran APBD Kabupaten Bintan ini disepakati Pemkab Bintan yang ditandatangani Bupati Bintan Apri Sujadi dan DPRD Kabupaten Bintan yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Bintan Nesar Ahmad saat Rapat Kerja Daerah Kabupaten Bintan di Aula Convention Centre, Badra Hotel, Kecamatan Toapaya, Selasa (16/10) pagi.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua DPRD Kabupaten Bintan Nesar Ahmad, Kabid Anggaran BPKAD Provinsi Kepri Riawita Agustin, Analis Kebijakan Ahli Madya Setjen DPR RI Fitriani, Jajaran DPRD Kabupaten Bintan, seluruh Kepala OPD Kabupaten Bintan, Kepala Desa se Kabupaten Bintan, dan unsur vertikal terkait lainnya.
Bupati Bintan Apri Sujadi menyambut baik komitmen bersama yang telah ditandatangani baik pihak eksekutif maupun pihak legislatif.
Menurutnya, komitmen tersebut sangat penting dalam rangka menjalankan Sistem Perumusan Perencanaan Penganggaran ABPD yang lebih berkualitas.
Dikatakannya juga, komitmen bersama yang dibangun akan membuat kerja pemerintah daerah menjadi lebih ringan.
“Sistem Perumusan Perencanaan Penganggaran ABPD ini sangat baik, Pemerintah Kabupaten Bintan tentunya sangat gembira, kita semuanya berkomitmen untuk menjadikan APBD yang berkualitas, dilihat dari serapan,  sasaran dan porsi belanja dengan menjalankan sistem perumusan perencanaan penganggaran APBD Kabupaten Bintan,” ujarnya.
Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Bintan Moch Setioso mengatakan komitmen bersama tersebut dibangun melalui strategi Perumusan Perencanaan Penganggaran APBD.
Karena nantinya perumusan perencanaan diharapkan akan menghasilkan pencapaian persentase program kerja pemerintah daerah akan jauh lebih efektif.
“Dengan sistem perumusan perencanaan penganggaran maka capaian kinerja pemerintah akan lebih awal mampu dideteksi. Kualitas belanja daerah akan lebih bagus, serta sasaran capaian program yang dicapai juga mampu dideteksi sejak awal,” ujarnya.
Ketua DPRD Kabupaten Bintan Nesar Ahmad menuturkan bahwa DPRD Kabupaten Bintan juga sangat mendukung dengan jalannya Sistem Perumusan Perencanaan Penganggaran ABPD.
Menurutnya, mulai dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten nantinya dapat membagi porsi dalam pembangunan yang akan dapat lebih terarah melalui sistem yang sudah terintegrasi.
“Ini sangat baik, kita sangat mendukung  ini dimana fungsi pengawasan penganggaran akan menjadi lebih mudah,” ujarnya. (met)