Seorang pelajar yang terjaring razia Satpol PP Bintan di wilayah Kijang Kecamatan Bintan Timur, Rabu (17/10). F.Satpol PP Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bintan menciduk seorang aparatur sipil negara (ASN) di salah satu kedai kopi di wilayah Kijang Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Rabu (17/10). Selain ASN, 8 orang pelajar juga diamankan.

Kasat Pol PP Kabupaten Bintan Moch Insan Amin membenarkan, seorang ASN diamankan karena mangkir dari tempat kerja dan berada di kedai kopi di wilayah Kijang. Sedangkan 8 orang pelajar diamankan karena bolos dari sekolah.
Seorang ASN dan 8 pelajar ini dibawa ke aula Kantor Camat Bintan Timur untuk didata dan diberikan arahan oleh PPNS, Dinas Sosial dan DP3KB.
“Kami minta mereka (pelajar) menghubungi orangtuanya untuk dijemput setelah dilakukan pembinaan,” kata dia.
Sedangkan seorang ASN, katanya diserahkan ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Bintan. “Diserahkan ke BKPPD untuk diberikan pembinaan,” ujarnya.
Dikatakannya razia ini untuk menekan kenakalan remaja, pelajar dan ASN yang mangkir saat jam kerja. Tujuannya menciptakan kondisi yang selalu aman dan Kondusif di Kecamatan Bintan Timur.
Ia berharap kejadian ini tak terulang kembali. Kepada orangtua dan guru sebaiknya terus mengawasi anak-anak.
Sementara Kabid Penegakkan Peratutab Daerah (Perda) Satpol PP Bintan Ali Bazar mengatakan razia mengacu pada Perda nomor 5 tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan tertentu,
Perda nomor 6 tahun 2011 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol dan Perda nomor 2 tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum serta
Perbub nomor 66 tahun 2014 tentang Jam Malam Pelajar.
Yang menjadi target dan sasaran ialah, tempat fasilitas umum, dengan sasaran wilayah di bagi menjadi tiga regu dan tiga titik sasaran.
Disebutkannya, regu I menyisir wilayah Taman Kota Kijang, Kijang City Walk, Pasar Inpres dan waduk PDAM kijang. Regu II menyisir wilayah kantin Kampung Jati 13, Pasar Barek Motor dan Bukit Panglong, sedangkan Regu III menyisir wilayah kantin luar sekolah SMKN 2 Sei Lekop, serta kedai kopi di sekitaran area dan wilayah SMPN 3 Bintan.
Operasi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan sekitar pukul 03.00 WIB. Dari hasil operasi yang dilakukan di Kecamatan Bintan Timur ia mengatakan didapati 8 orang pelajar yang sedang bolos sekolah dan 1 orang pegawai ASN yang mangkir di kedai kopi.
Operasi dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP Kabupaten Bintan yang didampingi Ali Bazar Kabid Penegakan Peraturan Daerah, Tabrani Kabid Trantibum, Syukroni Kabid Linmas, Miswandi Kasi Tibum, Sukiyadi Kasi Pengawasan sekaligus PPNS, Irwan Lapi Kasi Satlinmas, serta 76 Personel Satpol PP Kabupaten Bintan, Kepala DP3KB Kabupaten Bintan, Sekretaris, Kabid. Pembinaan dan Penilaian Kinerja BKPPD Kabupaten Bintan, Wakapolsek Bintan Timur beserta anggota dan sejumlah anggota Pemuda Pancasila (PP). (met)