Sejumlah warga sedang menyaksikan Pawai Budaya yang belangsung di Tanjungpinang. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Semarak perayaan Hari Ulang Tahun ke-17 Kota Otonom Tanjungpinang tidak berhenti sekadar upacara seremonial belaka. Agar lebih terasa semaraknya, Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali menggelar pawai budaya dan pawai mobil hias pada 27 Oktober mendatang.

Pawai ini rencananya akan melibatkan banyak pihak seperti unsur pendidikan, unsur pemerintah, paguyuban dan unsur masyarakat. Untuk unsur pendidikan, akan diikuti oleh peserta didik TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta. Dengan persyaratan, untuk peserta dari TK jumlah peserta 25 orang per sekolah, SD/MI sebanyak 50 orang per sekolah, SMP/MTs sebanyak 75 orang per sekolah dan SMA/SMK/MA sebanyak 75 orang per sekolah. Sedangkan untuk unsur pemerintah dan masyarakat maksimal 150 orang. Siswa, pelajar dan pemerintahan dapat menampilkan kostum keragaman budaya Indonesia. Untuk paguyuban diharapkan untuk menampilkan kostum daerah asal atau ciri khas paguyuban.
Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul sudah menyetujui acara ini. Menurutnya, perayaan ini merupakan momentum untuk mengajak menjaga harmoni yang sudah lama lestari di Tanjungpinang. Karena itu, ia meminta sebisa mungkin beragam pihak dilibatkan.
“Semangatnya adalah menjaga harmoni. Bahwa Tanjungpinang adalah kota yang damai dan maju dan beragam. Untuk itu pawai ini perlu digelar agar semangat harmoni semakin ada dalam jiwa kita,” kata Syahrul, kemarin.
Nantinya, setiap peserta pawai budaya tersebut diwajibkan untuk menyediakan sinopsis singkat untuk dibacakan pada saat melintasi panggung kehormatan di Gedung Gonggong dan disediakan waktu untuk atraksi selama 2 menit. Pawai budaya akan dilaksanakan pada pukul 07.00, start di Jalan Merdeka dan finish di Gedung Gonggong.
Untuk pawai Mobil Hias diikuti oleh OPD Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, unsur FKPD, Instansi vertikal, BUMN/BUMD, Perbankan, Kecamatan dan Kelurahan. Dengan kriteria, ketinggian mobil hias yaitu 3,5 meter dan lebar 2,5 meter. Mobil hias juga mengangkat tema tentang budaya yang berhubungan dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi.
Pawai mobil hias akan dilaksanakan pada pukul 07.00, start di Terminal Sungai Carang, Jl. D.I Panjaitan, Jl. Gatot Subroto, Jl. MT Haryono, Jl. Brigjen Katamso, Jl. Bakar Batu, Jl. Ketapang, Jl. Merdeka, Jl. Hang Tuah dan finish di Gedung Gonggong.
“Untuk pendaftaran sudah dapat dilakukan, untuk pawai budaya dapat menghubungi Sumarlini (0812 616 4235) di Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dan pawai mobil hias dapat menghubungi Agung Suryahatta (0812 706 8282) di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang,” terang Kabag Humas dan Protokol Setdako Tanjungpinang
Boby Wira Satria. (aya)