Turigayo Gaho, pelaku pencurian kapal diamankan petugas, Sabtu (20/10). F. Dispen Lantamal IV untuk Batam Pos

batampos.co.id – Unit I Kejahatan dan Kekerasan di Laut (Jatanrasla) Fleet One Quick Response (F1QR), Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, menangkap Turigayo Gaho, otak pelaku pencurian di atas kapal kargo. Pelaku tak berkutik saat ditangkap di tempat persembunyiannya di Perum Kavling Seroja Sagulung Batam, Sabtu (20/10) malam.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama R Eko Suyatno mengatakan, penangkapan tersebut merupakan hasil pengembangan dan pemeriksaan dua pelaku yang ditangkap sebelumnya yakni Ridwan dan Yanto. “Sudah tiga pelaku yang kami tangkap, yang terakhir ini adalah otak pelakunya,” kata Eko.
Pencurian barang barang elektronik bernilai puluhan juta di atas kapal tersebut, lanjut Eko, dilakukan oleh lima pelaku. Saat ini petugas tengah memburu dan menelusuri keberadaan dua pelaku lainnya. “Masih ada dua pelaku yakni F dan A, sedang kami kejar,” kata Danlantamal.
Selanjutnya, barang bukti speed boat beserta barang-barang hasil curian dan tiga pelaku diamankan di Pos Pengamat Angkatan Laut (Posmat) Tanjunguban untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Tidak menutup kemungkinan, ada jaringan spesialis pencuri kapal lainnya. “Kami akan terus menyelidiki hingga menemukan jaringan pencuri lainnya,” tegas Eko.
Seperti diketahui, pada 17 September lalu, kapal kargo SL. Lay Vessel 108 berbendera Malta, berbobot 10.838 GT yang bersandar di pelabuhan Batuampar Batam, dinaiki komplotan pencuri. Lima pelaku melakukan pencurian barang barang bernilai puluhan juta yang berada diatas kapal. Dalam melakukan aksinya, komplotan tersebut membekali diri dengan senjata tajam untuk mengancam dan menakuti korbannya. (odi)