Juara Harapan III pada gelaran Lomba Inovasi Teknologi Tepst Guna (TTG) 2018 di Bali. F.Jailani/Batam Pos

 

batampos.co.id – Meskipun utusan mengalami sedikit penurunan prestasi pada gelaran Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2018 di Bali, Kamis (18/10) lalu. Namun utusan Pemprov Kepri masih bisa berada pada jalur juara. Karena rumah kawin kepiting dan konservasi (Rumpak) mengantarkan Kepri meraih juara harapan III Nasional.

“Alhamdulillah kita masih berada pada jalur juara. Capaian TTG tahun ini, tentunya menjadi evaluasi untuk kedepannya,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD-Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison, Minggu (21/10) di Tanjungpinang.
Dijelaskan Sardison, Rumpak karya Rio Ariadi telah mengantarkan Provinsi Kepri meraih Juara III. Lewat ajang tahun itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan Bupati Bintan, Apri Sujadi diganjar penghargaan dari Kemnterian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Karena dinilai sebagai kepala daerah yang melakukan pembinaan kepada Posyantek dan Inovator.
“Temuan-temuan yang ada, tentu diharapkan bukan sebatas sebagai sensasi sesaat. Tetapi harus memberikan manfaat yang lebih banyak,” jelas Sardison
Mantan Kepala Biro Pembangunan Kepri tersebut menegaskan, sekarang pihaknya tengah berupaya untuk menjadikan temuan-temuan yang dihasilkan lewat inovasi TGG berguna bagi masyarakat. Bukan hanya untuk Kepri, tetapi bisa jadi diluar luar bisa menggunakannya.
“Selama ini, kita melihat tidak ada kelanjutannya, apabila telah selesai hajatan TTG. Makanya kita akan kumpulkan para-para inovator yang ada di Kepri dalam sebuah forum,” tegas Sardison.
Sebelumnya, Wakil Gubernur Kepri, Isdianto menekankan pentingnya aparatur di lingkungan Pemprov Kepri untuk memanfaatkan perkembangan teknologi pada cara kerja. Dengan sistem pemerintahan yang memanfaatkan aplikasi teknologi, semuanya akan menjadi semakin baik.
“Presiden Jokowi berpesan kepada pemerintah daerah untuk meninggalkan meninggalkan cara kerja manual dalam sistem pemerintahannya. Kepri yang sudah memanfaatkan teknologi, ke depan akan semakin memanfaatkan tren perkembangannya,” ujar Isdianto.
Seperti diketahui, Provinsi Kepri berhasil mempertahanakan tradisi juara pada gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional tahun 2017 lalu di Palu. Untuk kategori, Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), Teknologi Bagan Ikan Teri dari Natuna keluar sebagai juara pertama. Sedangkan untuk bidang inovasi, Kompresor Silent menyabet juara III nasional.(jpg)