batampos.co.id – Tak kurang dari seribu santri yang berasal dari pondok pesantren maupun taman pendidikan Alquran (TPA) yang ada di Tanjungpinang berkumpul di halaman kantor wali kota di Senggarang, Senin (22/10). Kehadiran mereka untuk merayakan Hari Santri Nasional yang kini ikut diperingati di Tanjungpinang.

Di bawah koordinasi Kementerian Agama Tanjungpinang yang bekerja sama dengan Pemko Tanjungpinang, upacara Hari Santri Nasional berlangsung meriah. Seribu santri berbahagia ketika perayaan tersebut.

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyambut kedatangan seribu santri dengan bahagia.

”Saya sangat bahagia sekali. Seingat saya, ini untuk kali pertama kantor wali kota didatangi oleh lebih dari seribu santri,” ucap Syahrul.

Syahrul mengatakan sudah selayaknya pemerintah memberikan apresiasi bagi santri karena telah memberikan andil besar dalam mempertahankan NKRI dan mengisinya dengan pembangunan.

”Peringatan Hari Santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh kerukunan umat beragama, mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat. Kaum santri diharapkan memberikan kontribusinya menjaga persatuan masyarakat,” kata Syahrul.

Sementara itu Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang Erman Zaruddin mengatakan perayaan hari Santri Nasional pada tahun ini adalah momentum untuk kembali mengisi perdamaian di Indonesia. (aya)