Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang dan Sekda Bintan Adi Prihantara saat deklarasi damai di Mapolres Bintan, Jumat (9/11). f Slamet nofasusanto / batam pos.

batampos.co.id – Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengajak sejumlah calon kepala desa (cakades) dan pendukung, juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk menyukseskan Pilkades serentak di 13 desa pada 21 November 2018 mendatang.

“Seluruh masyarakat dan komponen yang terlibat agar menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing baik sebelum maupun sesudah pelaksaaan Pilkades serentak,” ajak Boy saat deklarasi damai di Ruang Rapat Polres Bintan di Bintan Buyu, Jumat (9/11) pagi.

Boy juga mengajak semua pihak melaksanakan Pilkades serentak dengan damai dan tertib, baik sebelum maupun sesudah pelaksaaan.

“Kepada pemenangnya mesti menjalankan program desa untuk kepentingan masyarakat,” kata dia.

Sementara Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara menuturkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menginginkan agar pelaksaaan Pilkades dan Pemilu 2019 dapat berlangsung dengan sebaik-baiknya.

“Tanggal 21 November 2018 nanti, rencananya Pilkades serentak di Kabupaten Bintan akan digelar, kita imbau agar seluruh masyarakat dan komponen yang terlibat di dalamnya mampu menjaga kondusivitas sehingga keamanan dan kelancaran pelaksanaan dapat terjaga,” ujarnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi, beberapa waktu yang lalu juga meminta dan mengimbau agar seluruh masyarakat hendaknya dapat bersama-sama menjaga kebersamaan dan saling menghormati satu sama lainnya menjelang dan sesudah pelaksaaan Pilkades serentak.

Karena menurutnya, sangat penting memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam proses berdemokrasi.

“Bisa diwujudkan kalau seluruh unsur memiliki komitmen yang kuat,” kata dia.

Ia mengatakan, jika bukan diri sendiri yang menjaganya siapa lagi yang menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kondusivitas.

“Jangan ciptakan propaganda dan penyebaran berita hoax, karena pelaksaaan pilkades dan pemilu 2019 harus dilaksanakan dengan tertib dan damai,” tutupnya. (met)