Vero, belajar mengoperasikan laptop di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanjungpinang, belum lama ini. F.Yusnadi / Batam Pos

 

batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menegaskan, tidak boleh ada lagi pihak-pihak, terlebih jajaran kerja pemerintahannya, yang memandang sebelah mata dan tidak memberikan pelayanan terbaik kepada para penyandang disabilitas. Sebab, bagi Syahrul, para penyandang disabilitas yang ada di Tanjungpinang juga punya hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan dan fasilitas di Tanjungpinang.

Karenanya, dalam menunjang kualitas hidup bagi penyandang disabilitas, Syahrul menyebutkan, Pemko Tanjungpinang akan proaktif menggandeng pihak swasta agar semakin penduli pada taraf hidup para penyandang disabilitas.

“Pemerintah daerah dengan pihak swasta harus bermitra dengan organisasi penyandang disabilitas. Saya mengajak dan mengimbau kepada semua pihak melalui upaya bersama masyarakat untuk menyadari bahwa di antara kita terdapat mereka yang disabilitas dan upaya itu harus melibatkan semua komponen baik pemerintah maupun pemangku kebijakan lainnya,” tegas Syahrul pada peringatan Hari Disabilitas Internasional, kemarin.

Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Agustiawarman menyampaikan bahwa jumlah penyandang disabilitas yang terdata di sampai saat ini berjumlah 517 orang, dengan rincian 44 orang disabilitas berat, 448 orang disabilitas sedang dan 25 orang disabilitas ringan.

“Kami berharp momen Hari Disabilitas Internasional ini bisa menjadi momentum untuk menumbuhkan kepedulian seluruh pihak terhadap para penyandang disabilitas yang ada di Tanjungpinang,” pungkas Agustiawarman. (aya)