Wilayah KEK Galang Batang di Desa Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan tampak dari atas. Investasi sebesar Rp 75 triliun ini akan diresmikan Menko Perekonomian, Darmin Nasution, Sabtu (8/12) mendatang. F.Repro/PT BAI untuk Batam Pos

 

batampos.co.id – Hari Sabtu (8/12) ini, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang yang berada di Jalan Samudra nomor 1 Desa Galang Batang Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan akan diresmikan pengoperasiannya.

Pengoperasian KEK Galang Batang menurut rencana akan diresmikan oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan TK) Kabupaten Bintan, Hasfarizal Handra menyampaikan pengoperasian KEK Galang Batang akan diresmikan langsung oleh Menko bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution. Pengoperasian KEK Galang Batang juga akan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, Bupati Bintan Apri Sujadi dan Direktur PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Santoni. PT BAI merupakan Badan Usaha Pembangunan dan Pengelolaan KEK Galang Batang.

Dia juga menyebutkan, selain peresmian pengoperasian KEK Galang Batang, juga akan dilakukan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan peletakkan batu pertama pembangunan Smelter Rifenery Alumina PLTU. Kemudian peresmian pengoperasian pelabuhan PT BAI.

“Nanti rombongan akan meninjau pelabuhan, rifenery alumina dan PLTU,” kata dia.

Terakhir rombongan akan menuju ke Kantor Administrasi KEK Galang Batang untuk peresmian kantor sekaligus meninjaunya. Setelah itu, rombongan Menko bidang Perekonomian akan bertolak ke Jakarta melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Sebelumnya Direktur PT BAI Santoni, pembangunan KEK Galang Batang akan dilakukan dalam 3 tahap. Setiap tahapan memakan waktu 3 tahun. Tahap awal ini, pengoperasian KEK akan mempekerjakan sekitar 5 hingga 6 ribu pekerja. Setelah semua tahapan rampung, investasi total KEK Galang Batang mencapai Rp 75 triliun dengan mempekerjakan sekitar 40 ribu pekerja. (met)