Ilustrasi Cuaca Ekstrem

 

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mencatat kemungkinan cuaca ekstrem akan terjadi sepanjang Desember. Kemungkinannnya masih didominasi dengan hujan deras yang disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

“Karena November dan Desember secara klimatologisnya intensitas hujannya paling tinggi untuk di Pulau Bintan,” ujar Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti, kemarin.

Hal ini, sambung Bhakti, disebabkan masuknya angin utara ke wilayah pulau Bintan yang mengangkut massa uap air dalam jumlah yang tinggi. Selain itu juga karena adanya pusaran siklonik di perairan Bintan yang didukung lemahnya kecepatan angin yang berembus saat ini.

“Dan dari pantauan terakhir kami, dalam seminggu ke depan hujan akan masih sangat sering terjadi di wilayah Bintan dan Tanjungpinang,” terang Bhakti.

Karena itu, BMKG Tanjungpinang mengimbau agar masyarakat tetap waspada mengikutu perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Kendati sekadar hujan lokal, tidak menutup kemungkinan bisa disertai angin kencang dan petir.

“Imbauan ini juga berlaku buat nelayan dan warga yang beraktivitas di sekitar laut. Perhatikan juga pergerakan awan Kumolonimbus yang bisa jadi tanda-tanda akan hujan deras disertai angin kencang dan petir,” imbau Bhakti. (aya)