batampos.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) akan membuka rute kapal Roro Tanjungpinang, Kepri – Tanjung Pelepas, Malaysia.

Ini berkaca dari keberhasilan Kalimantan dalam memobilisasi wisatawan asal negeri jiran (tetangga).

Wakil Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, rencana penyediaan kapal Roro tujuan Malaysia sudah melalui rapat dengan pihak-pihak terkait. Bahkan otoritas perhubungan laut menyambutnya dengan positif.

Pembahasan selanjutnya antara lain memetakan manfaat yang bisa diperoleh dari masuknya wisatawan asal Malaysia ke Kepri.

“Alhamdulillah semua setuju. Kami juga sudah pikirkan apa yang akan didapat dari kerja sama ini,” kata Isdianto ketika ditemui di Batam, Selasa (18/12).

Untuk realisasinya, Pemprov Kepri akan meminta semua pihak segera bersiap. Termasuk membuat agenda studi banding dengan Kalimantan yang telah melakukan kerja sama serupa dengan Malaysia sebelumnya.

Saat ini, setiap bulannya ada 780 bus asal Malaysia yang membawa sekitar 700 ribu wisatawan ke Kalimantan.

“Bayangkan kalau itu terjadi di Kepri, akan sangat bagus untuk industri pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat kami,” tutur Isdianto.

Isdianto melanjutkan, infrastruktur pelabuhan di Kepri untuk sandar kapal Roro rencananya difasilitasi pihak Malaysia. Masyarakat diharapkan bisa mengambil manfaat dari kerja sama ini. Misalnya, menghadirkan even pariwisata yang sesuai dengan budaya masyarakat Melayu.

“Ini tugas kami lagi, harus memberikan hiburan yang sesuai dengan wisatawan. Apalagi kami (Kepri) dengan Malaysia sangat dekat secara budaya,” ucap Isdianto.

(bbi/JPC)