Maket Stadion Dompak Provinsi Kepri. F.Istimewa

batampos.co.id – Pembangunan Sport Hall dan Tribun Stadion Dompak, Tanjungpinang menjadi kegiatan strategis Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri melalui APBD Kepri 2019. Pembangunan secara bertahap dilakukan, menyiasati terbatasnya kemampuan keuangan daerah.

“Alhamdulillah pembangunan Stadion Dompak, Tanjungpinang tahap awal dengan alokasi Rp19 miliar sudah kita tuntaskan,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri, Meifrizon melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dispora Kepri, Bambang Suwastiyo, Kamis (10/1) di Tanjungpinang.

Loading...

Dijelaskannya, khusus untuk pembangunan tribun, pada tahun ini mendapatkan alokasi sebesar Rp27,5 miliar. Adapun tribun yang dibangun adalah sisi barat dengan ketinggian tiga lantai. Adapun kapasitasnya mampu menampung 6.000 penonton. Selain itu juga dengan lengkapi ruang ganti pemain.

“Dibagian bawah tribun, kita rancang untuk Kantor Dispora Kepri. Karena target Januari 2020 Dispora Kepri sudah berkantor disana nanti,” jelas Bambang.

Masih kata Bambang, Dispora Kepri bertekad untuk menjadikan Stadion Dompak, Tanjungpinang sebagai salah satu lapangan sepakbola yang mendapatkan pengakuan berstandar internasional. Karena Kepri adalah daerah perbatasan yang bersentuhan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Meskipun pembangunan Stadion Dompak dirancang bertahap. Kita tetap mengejar untuk menjadikan Stadion Dompak berstandar Internasional,” jelasnya lagi.

Menyadari hal itu, secara detail pembangunan yang berlangsung saat ini mengacu pada syarat-syarat berstandar internasional.

Disebutkannya, pembangunan lapangan sudah menggunakan sistem stolon. Selain itu, drainase di bawah lapangan juga dirancang untuk mengatasi banjir, ketika terjadi hujan deras.

“Sedangkan rumputnya adalah zoysia matrella atau rumput manila seperti di Gelora Bung Karno. Saat ini, pekerjaan tahap I sudah mencapai 95 persen. Bahkan rumput sudah mulai menghijau. Tinggal menunggu tiang gawang yang dipesan langsung dari luar negeri,” tutup Bambang.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara (TJA) mengatakan, dari hasil pengamatanan lapangan, pembangunan lapangan sepak bola Dompak berjalan baik. Mulai dari pengerjaan lapangan, pagar lapangan, sistem drainase, sampai dengan penanaman rumput yang berkualitas nasional.

Politisi Partai Golkar tersebut berharap, selain lapangan sepak bola, sarana lintasan olahraga lain seperti atletik di Stadion Dompak ini dikerjakan sesuai dengan rencana. Sehingga, proyek Stadion Dompak tahap awal yang sudah tuntas ini bisa bermanfaat pada tahun ini.

“Memang untuk menjadikan Stadion Dompak berstandar internasional masih membutuhkan waktu. Karena pembangunan yang dilakukan bertahap sesuai dengan kemampuan daerah. Semoga pembangunan tahun ini berjalan dengan baik,” ujar Teddy, kemarin.(jpg)

Loading...