Bupati Bintan, Apri Sujadi.F.Kominfo untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dijadwalkan Senin (14/1) hari ini, 13 kepala desa akan dilantik oleh Bupati Bintan Apri Sujadi di Aula Kantor Bupati Bintan Kompleks Bandar Seri Bentan, Bentan Buyu.

13 kepala desa terpilih yang akan dilantik ialah Kades Kelong Kecamatan Bintan Pesisir, Alimin, Kades Penaga Kecamatan Teluk Bintan, Hamrudin, Kades Pangkil Kecamatan Teluk Bintan, Yahya, Kades Tembeling Kecamatan Teluk Bintan, Samsul Bahari, Kades Kampung Hilir Kecamatan Tambelan, Maryadi, Kades Mentebung Kecamatan Tambelan Iswandi, Kades Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rusli MH, Kades Teluk Sasah Kecamatan Seri Kuala Lobam, Suhairry Sembiring, Kades Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong, Abu Bakar, Kades Gunung Kijang Kecamatan Gunung Kijang, La Nade, Kades Toapaya Utara Kecamatan Toapaya, Sayet, Kades Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya, Suhenda dan Kades Bintan Buyu, Sunardi.

Sebagaimana diketahui dari 13 kades yang akan dilantik, 12 kades merupakan kades yang meraih suara terbanyak dalam pilkades serentak yang digelar 21 November 2018 lalu. Sedangkan 1 kades lainnya, Kades Bintan Buyu yang juga akan dilantik, Senin (14/1) merupakan kades yang terpilih dalam pilkades serentak gelombang pertama. Hanya saat itu, terjadi polemik sehingga ditunda pelantikannya.

“Ya semua dilantik besok (hari ini) termasuk kades Bintan Buyu yang masuk dalam penambahan (yang dilantik),” kata Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Bintan Herika Silvia saat dihubungi, Minggu (13/1).

Dia mengatakan, semua kades terpilih yang akan dilantik termasuk dua kades terpilih dari kecamatan Tambelan sudah berada di Pulau Bintan.

“Semua sudah di sini,” kata dia.

Dia mengatakan pihaknya sudah melakukan tahapan dan sesuai rencana tahapan, pelaksanaan pelantikan Kades Terpilih akan dilakukan di bulan Januari 2019.

Dengan pelantikan kades terpilih, dirinya  mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh stakeholders terkait yang telah banyak membantu dalam pelaksanan Pilkades Serentak yang telah  dilaksanakan sehingga dapat berjalan tertib, aman dan lancar sesuai dengan tahapannya.

“Penetapan kades terpilih telah  dilakukan dengan mengacu kepada Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi mengungkapkan begitu dilantik jajaran kades terpilih hendaknya mampu langsung dapat bekerja untuk memenuhi ekspektasi yang diinginkan masyarakat.

“Setelah dilantik, para kepala desa akan  resmi menjadi pejabat yang dituntut untuk  melayani dan mengabdi kepada masyarakat. Maka, lakukan tugas kepala desa sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu, dirinya berpesan agar kepala desa mampu memaksimalkan dalam mengelola anggaran dengan sebaik mungkin, serta menyamakan visi misi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan.

“Gunakan anggaran dana desa dengan sebaik mungkin, sehingga segala sesuatunya dapat dipertanggungjawabkan. Benahi infrastruktur di kampung-kampung maupun desa, mana yang bisa dilakukan melalui anggaran dana desa dan mana yang bisa disharing ke dalam anggaran daerah,” tutupnya. (met)

Loading...