Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kepri, Subadi.F.Dokumen Kanwil Kemenag Kepri untuk Batam Pos

batampos.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Riau mencari 11 pegawainya yang akan dilibatkan sebagai petugas ibadah haji pada tahun ini. Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kepri, Subadi akan diberlakukan rekruitmen dalam mencari pegawai yang akan tergabung sebagai calon petugas haji baik untuk petugas kloter maupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2019.

“Untuk calon petugas kloter, Kanwil Kemenag Kepri mendapatkan porsi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kloter sebanyak 3 orang petugas, dan untuk Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) atau pembimbing ibadah sebanyak 3 orang petugas,” terang Subadi, kemarin.

Jumlah tersebut, menurut Subadi, berdasarkan jumlah kloter jamaah haji yang berasal dari Kepulauan Riau yang berjumlah sekitar 3 kloter yang kesemuanya terdiri dari calon petugas pria.

Sementara itu untuk petugas Non Kloter atau PPIH Arab Saudi, berdasarkan Surat Dirjen PHU Kemenag RI, untuk Propinsi Kepulauan Riau terdiri dari Pelayanan Ibadah 1 orang petugas (pria), Pelayanan Konsumsi 2 orang petugas (pria/wanita), Pelayanan Akomodasi 1 orang petugas (pria), dan Pelayanan Transportasi 1 orang petugas (pria).

“Dengan demikian jumlah total calon petugas dari Kanwil Kemenag Kepri berjumlah 11 orang petugas. Dimana jumlah petugas tersebut akan diperebutkan oleh ASN Kanwil Kemenag Kepri baik yang ada di Kanwil maupun di Kemenag Kabupaten/Kota,” kata Subadi.

“Pelaksanaan tes dimulai dari Kabupaten/kota. Pelaksanaan test tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh propinsi. Sebagaimana tahun lalu, pelaksanaan test di tingkat Propinsi menggunakan sistem CAT,” terangnya.

Tahapan pendaftaran akan dibuka per 14 Februari sampai 20 Februari mendatang untuk seleksi administrasi. Lalu berkas yang diterima akan diumumkan dua hari setelahnya dan kemudian mengikuti tes kompetensi pada 25 Februari.

“Insyallah pertengahan Maret sudah selesai semua kerja untuk rekruitmen petugas haji ini,” pungkas Subadi. (aya)