Terdakwa Julianto digiring petugas di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (12/3).F.Yusnadi / Batam Pos

batampos.co.id – Terdakwa pembunuhan, Julianto dituntut 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (12/3).

Dalam tuntutannya, JPU R Ibrahim menyatakan, terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah dengan sengaja merampas nyawa orang lain. Terdakwa melanggar Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan.

Loading...

JPU juga menyebutkan hal-hal yang meringankan terdakwa yakni terdakwa dan keluarga korban memiliki perjanjian perdamaian dan terdakwa juga memberikan santunan kepada keluarga korban. “Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa telah menghilangkan nyawa orang lain dan perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat,” ujar JPU.

Atas tuntutan yang telah dibacakan, terdakwa akan mengajukan pembelaan tertulis (pledoi). “Menunda persidangan selama satu pekan dengan agenda pledoi terdakwa,” tutup hakim ketua Santonius Tambunan.

Sebelumnya diketahui, terdakwa ditangkap petugas Satreskrim Polres Bintan pada Oktober 2018. Terdakwa mengaku menghabisi nyawa pasangan lelakinya (gay) yakni Kardianus Rinyuang di rumah sewanya Kampung Kolong Enam, Kijang Kota Bintan Timur. Pembunuhan tersebut dilatarbelakangi kecemburuan terdakwa terhadap korban yang memiliki pasangan laki-laki lain. (odi)

Loading...