Pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Batu 10, Rabu (13/3).F.Dinkes Dalduk KB Tanjungpinang untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kesehatannya (Dinkes) Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dalduk KB) lakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan serta pemberian imunisasi menginitis kepada 319 calon jamaah haji (CJH) Kota Tanjungpinang.

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk pembinaan kesehatan calon jamaah haji serta identifikasi status kesehatan calon  jamaah yang akan berangkat.

Loading...

“Nantinya akan di tetapkan empat kemungkinan status istitoah calon jamaah haji setelah pemeriksaan dilakukan,” Kata Kelapa Kantor Dinkes Dalduk KB, Rustam.

Ia menjelaskan calon jamaah haji yang dikategorikan tidak memenuhi syarat istitoah diantaranya, pertama dengan kondisi klinis yang dapat mengancam jiwa seperti Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK) derajat IV,  gagal jantung stadium IV, AIDS stadium IV dengan infeksi oportunistik dan Stroke Haemorhagis luas.

“Serta Gangguan jiwa berat lainya seperti dimensia berat, dan penyakit yang lain yang sulit disembuhkan,” bebernya.

Sedangkan untuk jamaah yang memenuhi istitoah harus memenuhi syarat dapat mengikuti proses ibadah haji tanpa bantuan obat dan alat atau orang lain,  serta tingkat kebugaran jasmani yang cukup.

“Akan diperiksa kebugarannya sesuai karakteristik individu jamaah haji,” tambahnya menjelaskan.

Rustam juga menjelaskan untuk jamaah haji yang masuk kedalam kategori istitoah pendampingan harus berusia 60 tahun atau lebih, menderita penyakit tertentu yang tidak masuk ke dalam kriteria tidak memenuhi syarat istitoah sementara atau tidak memenuhi syarat istitoah.

Calon Jemaah haji yang dikategorikan tidak memenuhi syarat istitoah semantara apabila, tidak memiliki sertifikasi vaksinasi internasional yang sah, menderita penyakit yang berpeluang akan sembuh cepat.

“Khusus bagi wanita hamil dengan usia kehamilan saat berangkat kurang dari 14 minggu atau lebih dari 26 minggu,” imbuhnya.

Rustam mengatakan, pemeriksaan akan dilaksanakan selama dua hari, pada hari Rabu (13/3) dilaksanakan pemeriksaan jamaah dari Tanjungpinang Timur dan Bukit Bestari, sedangkan pada hari kamis (14/3)  pemeriksaan untuk calon jamaah dari Tanjungpinang Barat dan Kota.

“Mereka diperiksa oleh dokter terlatih, serta dokter spesialis penyakit dalam, kebidanan,  spesialis mata dan jiwa,” katanya.(cr2)

Loading...