Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu. F.Peri Irawan / Batam Pos

batampos.co.id – Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu mengatakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang perlu anggaran besar untuk membangun tempat pelayanan sehingga tercipta kondisi yang nyaman bagi masyarakat, Rabu (13/3).

“Saya sudah melihat langsung kondisi di sana. Sempit dan banyak yang beridiri. Perlu dibangun tempat antrian,” ujar Maskur, Selasa (12/3).

Loading...

Diakuinya, dalam dua bulan terakhir kantor Disdukcapil selalu ramai untuk pengurusan e KTP atau surat pindah keperluan Pemilu.

“Yang paling banyak itu adalah pelayanan pindah, baik yang keluar maupun yang datang ke Tanjungpinang,” kata Maskur.

Maskur menjelaskan, banyak yang perlu dibenahi di kantor Disdukcapil, seperti tenaga staf yang kurang sehingga pihaknya meminta kepala Disdukcapil untuk menghitung anggaran yang dibutuhkan.

“Selain anggaran, kami juga butuh berapa jumlah staf yang dibutuhkan. Caranya bisa diambil dari kelurahan atau kecamatan. Atau tenaga honor di tempat lain. Yang penting dikomunikasikan,” ungkapnya.

Maskur menilai, untuk pelayanannya sudah bagus hanya saja butuh pembenahan tempat antrean di tempat pelayanan masyarakat, karena ruangannya kecil.

“Harusnya di luar bisa dibuatkan tempat antrean yang lebih luas supaya bisa menampung banyak masyarakat. Sehingga mereka merasa nyaman,” jelasnya.

“Pemerintah harus memperhatikan itu. Karena Disdukcapil ujung tombak data kependudukan kita,” tambahnya.(cr2)

Loading...