Salat Istisqa di lapangan Mapolres Tanjungpinang. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

batampos.co.id – Kemarau yang berkepanjangan dan belum turunnya hujan, Polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta masyarakat, melaksanakan salat Istisqa (Salat sunah meminta diturunkannya hujan) di lapangan Mapolres Tanjungpinang, Senin (25/3).

Dalam khutbahnya, Khatib ustad Amirul Hamzah menjelaskan, sejumlah penyebab bencana, termasuk kekeringan yakni semakin maraknya perbuatan zalim terhadap lingkungan seperti membuang sampah sembarangan dan penebangan liar (illegal logging).

Loading...

Mengutip ayat Alquran, kerusakan disebabkan perbuatan manusia. Maka Allah memberi balasan atas ulah tangan manusia.

Khatib juga menyampaikan, mengutip hadis Nabi Muhammad, sebab-sebab bencana kekeringan, penyakit dan lesunya perekonomian yakni zina, curang dalam berdagang, menahan zakat dan melanggar janji serta pemimpin yang tidak berpedoman pada kitab Allah.

“Musibah atau bencana karena ulah manusia itu sendiri,” ujar khatib.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pelaksanaan salat istisqo ini untuk meminta dan memohon kepada tuhan agar mendatangkan hujan.

Kapolres juga berharap kekurangan atau dosa yang dilakukan oleh jajaran Polres Tanjungpiang dan masyarakat dapat diampuni serta dibersihkan oleh tuhan. “Melalui doa dan niat baik, permohonan ini segera terkabulkan dan terwujud,” kata Kapolres.(odi)

Loading...