Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK, MH. F.Yusnadi Batam Pos

batampos.co.id – Maraknya kebakaran lahan yang terjadi di sebagian kawasan di Tanjungpinang, Polres Tanjungpinang terus menyelidiki adanya unsur kesengajaan yang menyebabkan kebakaran lahan tersebut.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pembakaran lahan atau hutan secara sengaja dan dapat menimbulkan kerugian masyarakat, dapat dikenai sanksi pidana. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang (UU) yang melarang membakar hutan dan lahan.

Terkait penyelidikan, lanjut Ucok, pihaknya telah memintai keterangan saksi-saksi yang tinggal berdekatan dengan lokasi kebakaran dan saksi yang melaporkan kejadian tersebut. “Sejauh ini masih pemeriksaan saksi, belum ada tersangka,” jelasnya.

Menurut Ucok, sebagai bentuk pencegahan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan. “Kami meminta warga untuk tidak membakar sampah sembarangan,” imbaunya.

Sebagaimana diketahui, pelaku pembakaran lahan, dapat dijerat pasal 108 UU Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan dengan ancaman pidana penjara 12 tahun dan denda Rp 10 miliar.(odi)

Loading...