Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi. F.Istimewa

batampos.co.id – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi mengatakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejumlah Kabupaten/Kota akan menjadi atensi ekstra. Karena rawan terjadinya praktik money politik.

“Kami akan esktra mengawasi, karena segala kemungkinan bisa saja terjadi. Terutama money politic tentunya,” ujar Indrawan Susilo Prabowoadi, Minggu (21/4) di Tanjungpinang.

Loading...

Dijelaskannnya, bagi sebagian Calon Legislatif (Caleg) tentu TPS yang akan dilakukan pencoblosan ulang adalah harapan untuk mendongkrak suara. Menyiasati hal ini, Bawaslu Kepri terus membangun komunikasi pengawasan bersama Bawaslu di Kabupaten/Kota.

Menurut Indrawan, di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang ada lima TPS yang akan dilakukan pencoblosan ulang. Namun dari jumlah tersebut, hanya ada satu TPS yang seluruhnya digelar. Mulai dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota.

“Di TPS 17 dan 32 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, PSU hanya untuk Pilpres. Kemudian di TPS 14 dan 31 juga di kelurahan yang sama yakni, Pilpres, DPR, dan DPD. Adapun TPS yang dilakukan semuanya adalah TPS 14 Kelurahan Kijang Kencana,”jelas Indrawan.

Ditegaskannya, bukan hanya di Tanjungpinang tentunya, Kabupaten/Kota yang lain segala kemungkinan bisa saja terjadi. Karena menjelang pencoblosan 17 April kemarin, pihaknya disibukkan dengan sejumlah laporan tentang adanya money politik.

“Jika ada praktik yang bertentangan dengan UU Pemilu, laporkan kepada kami. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti,”tutup Komisioner yang membidani pelanggaran Pemilu tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Kepri, Arison minta masing-masing partai politik di Provinsi Kepri untuk bersabar, dan tak perlu saling klaim memenangkan kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Menurut Arison, tahapan penetapan pemenang pemilu tingkat Provinsi pada 13 Mei 2019 mendatang.

“Sekarang ini ada sejumlah TPS di empat daerah yang akan dilakukan PSU. Yakni, empat di Bintan, lima Tanjungpinang, empat Karimun, dan dua di Lingga. Kita harapkan proses ini tuntas sebelum 27 April mendatang,”ujar Arison.(jpg)

Loading...