Rapat Koordinasi (Rakor) I Tim Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa Provinsi Kepri, Senin (22/4) lalu di Tanjungpinang. F.Humas DPMD Dukcapil Kepri untuk Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison mengatakan Tim Pembinaan dan Pengawasa Dana Desa memegang peran strategis dalam mengawal pelaksanaan dana desa tepat sasaran. Menurut Sardison, Program Inovasi Desa (PID) harus menjadi senjata untuk mempercepat pembangunan desa.

“Untuk memperkuat peran tersebut, maka perlu ada persamaan persepsi. Dan komitmen tersebut sudah kita dapati dalam rapat koordinasi (rakor) I Tim Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa Provinsi Kepri, Senin (22/4) lalu di Tanjungpinang,” ujar Sardison, kemarin di Tanjungpinang.

Loading...

Dijelaskannya, Rakor tersebut juga disejalankan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) PID antara Kepala DPMD Dukcapil Kepri bersama lima Kabupaten se Kepri. Lebih lanjut katanya, inovasi desa adalah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dipetik dari hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan pembangunan desa baik yang sudah ada atau terbaru.

“Baik dalam bentuk barang atau jasa yang dapat memberikan nilai tambah secara berkelanjutan, baik melalui pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumberdaya manusia, ekonomi dan sosial budaya,” jelasnya.

Mantan Kepala Biro Administrasi Pembangunan (BAP) tersebut juga mengatakan, dalam rangka mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan Dana Desa secara lebih berkualitas, mulai tahun 2017 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan Program Inovasi Desa (PID).

Strategi yang digunakan dengan pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa. Hal ini, sebagaimana dijelaskan dalam Pedoman dan SOP Program Inovasi Desa.

Rapat Koordinasi (Rakor) I Tim Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa Provinsi Kepri, Senin (22/4) lalu di Tanjungpinang. F.Humas DPMD Dukcapil Kepri untuk Batam Pos

“Tujuan program inovasi desa yaitu untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa,” jelasnya lagi.

Masih kata Sardison, dalam jangka menengah dengan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejateraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa. Sesuai dengan arah dan kebijakan dan sasaran Kementerian Desa pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

“Melalui program inovasi desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Apalagi alokasi dana desa di Kepri terus meningkat, tentu ini harus dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan desa,” tutup Sardison.(jpg)

Loading...