Penandatangan piagam zona integritas untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

batampos.co.id – Sebagai bagian integral dari TNI Angkatan Laut (AL) dan Komando Armada (Koarmada) I, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, terus berkomitmen melakukan berbagai upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Salah satu upaya tersebut dengan melakukan penandatangan piagam zona integritas untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Arsyad Abdullah menjelaskan, pencanangan pembangunan zona integritas menjadi salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan citra TNI AL khususnya Lantamal IV Tanjungpinang, sehinga mampu menghadirkan personel Lantamal IV yang handal dan profesional dalam pelaksanaan tugasnya.

Loading...

Lantamal IV, kata Arsyad, berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, agar mendapat prestasi sebagai wilayah bebas korupsi. Personel juga terpacu untuk meningkatkan kinerja serta kompetensinya, sehingga terbebas dari praktek perbuatan tercela yang mencederai amanah rakyat.

“Perlu dipahami, pencanangan zona integritas ini tidak hanya berhenti setelah terwujudnya WBK, akan tetapi harus tetap komitmen dan dijaga pelaksanaannya,” papar Arsyad di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Kamis (25/4).

Selain itu, penandatangan piagam zona integritas bertujuan untuk membangun dan mengimlementasikan program reformasi birokrasi secara baik di Lantamal IV, sehingga mampu menumbuhkembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik.

“Sasarannya adalah terwujudnya Lantamal IV yang bersih dan bebas KKN, meningkatkannya kualitas pelayanan publik dan meningkatkanya kapasitas serta akuntabilitas kinerja melalui nilai persepsi kualitas pelayanan,” jelas Danlantamal.

Untuk mewujudkan WBK, reformasi birokrasi Lantamal IV harus terus dioptimalkan dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bebas dan bersih korupsi serta berdedikasi.

Setiap pimpinan harus secara terus menerus meningkatkan mutu pengendalian dan pengawasan program yang dilaksanakan, khususnya dalam menjalankan program reformasi birokrasi Lantamal IV Tanjungpinang.

“Saya merasa perlu meningkatkan pentingnya peranan setiap pimpinan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas kepada bawahannya,” kata Arsyad.(odi)

Loading...