Calon penumpang sedang mengisi formulir untuk pembelian tiket, Selasa (14/5). F. Peri Irawan / Batam Pos

batampos.co.id – Sepekan awal Ramadan, kantor Pelni Tanjungpinang sudah dipadati masyarakat yang ingin membeli tiket mudik Lebaran, Selasa (14/5).

Mahalnya harga tiket pesawat membuat masyarakat beralih menggunakan angkutan laut sebagai alat transportasi mudik.

Loading...

Pantauan Batam Pos, sejak pukuk 09.00 WIB puluhan warga sudah antre di Kantor Penli untuk memesan tiket dan tidak sedikit yang kecewa karena tiket yang akan dipesan melalui sistem online juga sudah habis.

Untuk masyarakat yang datang membeli tiket terlebih dahulu mengisi formulir data diri lengkap nama, alamat dan identitaslainya yang sudah disediakan oleh pihak pelni.

Salah satu calon penumpang, Ohang mengatakan sudah berencana untuk membeli tiket tujuan Jakarta yang berangkat melalui Pelabuhan Kijang 25 Mei mendatang dengan cara online namun tiket sudah habis.

”Saya coba datang ke sini mana tau masih ada, ternyata sudah habis juga,” katanya.

Ohang memilih menggunakan kapal laut untuk mudik jelang Lebaran karena biaya lebih murah dibandingkan naik pesawat, dan saat ini kebanyakan masyarakat banyak beralih menggunakan transportasi laut.

“Rencana saya akan mudik dengan tiga orang teman, selain murah dengan kapal juga bisa membawa barang bawaan lebih banyak,” ujarnya.

Kata Ohang, walaupun untuk keberangkatan tanggal 25 Mei sudah habis, ia akan mancari tanggal lain, namun jika tidak ada akan memilih menggunakan pesawat untuk mudik.

“Itu sudah pilihan terakhir, agar bisa lebaran bersama keluarga,” ujarnya.

Calon penumpang lainya, Hendri, 35, yang sudah memesan tiket tujuan Jakarta tanggal 4 Juni kemarin juga memilih naik kapal karena biaya lebih murah sebab akan berangkat dengan istrinya.

“Lebih hemat karena untuk keberangkatan dengan pesawat untuk tanggal 4 juni tersebut cukup mahal,” katanya.

Kepala Cabang (Kacab) Pelni Tanjungpinang, Syafrani menuturkan dalam waktu satu pekan terakhir sejak awal Ramadan, kantor Pelni sudah mulai ramai didatangi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran.

“Ini akibat masih mahalnya tiket pesawat, sehingga masyarakat lebih memilih kapal untuk mudik,” ungkapnya. (cr2)

Loading...