Rapat koordinasi dipimpin Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Selasa (21/5). F.Humas Polres untuk Batam Pos

batampos.co.id – Polres Tanjungpinang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk pengamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2019, Selasa (21/5).

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan saat rapat koordinasi, dengan mencermati kalender Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pada bulan Ramadan hingga Lebaran nanti karena merupakan puncak lalu lintas orang dan barang.

“Untuk itu yang harus dipersiapkan adalah keberadaan pos gabungan untuk pelayanan maupun pengamanan,” kata Ucok.

Ucok menjelaskan, keberadaan pos tersebut saat ini yang diprioritaskan adalah di pintu keberangkatan dan kedatangan transportasi laut, karena sebagian besar orang datang dan keluar Tanjungpinang menggunakan kapal.

“Seperti SBP (Sri Bintan Pura), Bandara RHF (Raja Haji Fisabilillah), Pelabuhan Roro Dompak,” ujarnya.

Untuk penanganan dari segi ancaman bencana alam atau kondisi yang membutuhkan pertolongan, Basarnas Tanjungpinang juga sudah siap memberikan pertolongan pertama saat dibutuhkan.

“Dari kepolisian juga diturunkan bersama Basarnas untuk menambah kekuatan pertolongan,” ucapnya.

Ucok mengatakan, untuk juru kemudi seperti nakhoda dan kapten kapal dan pilot pesawat udara secara acak nanti akan dilakukan pemeriksaan berupa tes urine untuk memastikan bahwa mereka tidak mengkonsumsi narkoba atau minuman keras (miras).

“Karena ini berhubungan dengan keselamatan penumpang baik pesawat maupun kapal,” tambahnya.

Di pintu kedatangan internasional, masih dilakukan pemeriksaan terhadap wisatawan mancanegara yang datang, hal tersebut disampaikan Dinas Kesehatan dalam rapat koordinasi.

“Harus tetap dilakukan pemeriksaan agar virus berbahaya tersebut tidak menunar kepada orang lain,” tuturnya.

Dalam perencanaanya pos pelayanan dan pengamanan mudik Lebaran akan disediakan sekitar tujuh pos pelayanan, namun itu bisa bertambah sesuai kebutuhan, yang dilengkapi 250 personel Polri.

“Ini khusus persiapan Tujuh hari sebelum Lebaran, serta mengirimkan personel Polri karena ada permintaan dari Angkasa Pura untuk pengamanan di Bandara,” katanya.

Dengan kerja sama yang baik dari berbagai lembaga di Kota Tanjungpinang untuk menyambut mudik Lebaran, bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, kepala Kantor ┬áBadan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjungpinang, Mu’min Maulana mengatakan siap untuk mendukung program-program pengamanan arus mudik yang sudah direncanakan.

“Untuk Basarnas sudah siap untuk itu, seperti alat darat dan udara serta anggota, seperti yang kami sampaikan saat rapat bersama KSOP dan Gubernur Kepri beberapa waktu lalu,” Kata Mu’min.

Untuk anggota Basarnas juga terbagi pada beberapa posko terpadu, seperti di Kijang, Sri Bintan Pura (SBP), Bandara, setiap poskonya Basarnas menyiapkan dua orang anggota, yang nantinya akan bergabung dengan personel kepolisian.(cr2)

Loading...