PESAWAT Wings Air usai mendarat di Bandara RHA Sei Bati, Kamis (23/5). (Foto: Pro Karimun)

batampos.co.id – Wings Air dengan kode penerbangan IW berhasil melakukan uji coba terbang awal alias proving flight rute Batam-Karimun, Kamis (23/5/2019). Rute yang diambil adalah dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam tujuan Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA) Sei Bati, Karimun.

Membawa empat kru yang terdiri dari dua flight operation officer (FOO) dan perwakilan dari Regional Manager Lion Air Group, pesawat tipe ATR 72-600 dengan registrasi PK-WHV itu lepas landas dari Batam pukul 13.05 WIB dan tiba di Karimun pada 13.30 WIB. Penerbangan kembali, berangkat pada 14.25 WIB dan sudah mendarat dengan mulus di Batam pukul 14.50 WIB. Total waktu tempuh sekali jalan berkisar 25 menit.

“Tujuan utama proving flight merupakan bagian langkah strategis perusahaan dalam upaya melakukan pengkajian pasar dan potensi layanan penerbangan berjadwal, salah satunya sektor pariwisata di Kepulauan Riau.

Selain itu, Wings Air menguji kemampuan (kapabilitas) pengoperasian pesawat ATR di bandar udara Tanjung Balai Karimun,” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam rilis yang diterima Pro Pinang–member of batampos.co.id.

Wings Air menyambut baik keberadaan pintu udara di Karimun, yang memiliki panjang runway 1.400 meter. Danang berharap, setelah dilakukan proving flight dan market review, Wings Air bisa melayani rute berjadwal di Tanjung Balai Karimun.

“Maka akan memberikan alternatif baru perjalanan udara, sejalan tren era kekinian atau millennials traveling, mempermudah akses dan mendukung pertumbuhan ekonomi baru di wilayah kepulauan, serta memperkuat konektivitas antardaerah,” katanya.

Menurutnya, Karimun berada di jalur lalu lintas perdagangan dunia Selat Malaka yang terletak di tenggara Singapura.

“Kawasan ini menonjolkan kekuatan sektor pariwisata unggulan terdiri bahari (pantai), gugusan kepulauan, kebudayaan lokal, alam, dan bangunan bersejarah,” tambah Danang.

Dengan adanya akses dari Batam-Karimun, tentu akan menguntungkan Karimun.

“Layanan ini menunjukkan Wings Air dan maskapai Lion Air Group berperan menyediakan akses sesuai bagian dari konsep Komponen Daerah Tujuan Wisata 3A yaitu aksesibilitas (access),” katanya. (gun)