Gedung Rudenim Tanjungpinang yang terletak di Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang. F.Istimewa

batampos.co.id – Seorang Warga Negara (WN) Vietnam yang merupakan deteni atau tahanan, dikabarkan melarikan diri dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang, Minggu (2/6). Hingga kini, petugas masih berupaya mencari keberadaannya.

Informasi yang diperoleh, awalnya, deteni ini meminta izin kepada petugas agar diizinkan membeli obat untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Diperbolehkan keluar Rudenim, namun hingga sore hari, tahanan tersebut tak kunjung kembali ke Rudenim.

Lalu petugas pun berusaha mencari keberadaan WN Vietnam tersebut dan belum menemukan keberadaannya. “Dia izin ke petugas untuk beli obat maag,” kata salah seorang pegawai Rudenim yang enggan namanya dikorankan.

Ia mengatakan, Warga Negara Asing (WNA) yang ditampung di Rudenim, biasanya akan kembali jika diizinkan keluar untuk membeli obat atau pun keperluan lainnya.

“Biasanya kembali lagi, barang-barangnya masih di Rudenim. Kadang ada juga yang lupa jalan pulang,”katanya.

Terkait pengawasan dan dugaan kabur nya WN Vietnam tersebut, Kepala Rudenim Tanjungpinang, M Yani Firdaus belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Saat dihubungi dan dikomfirmasi melalui pesan singkat, Yani belum juga memberikan komfirmasi terkait hal tersebut. (odi)