DIREKTUR Batam Pos Guntur Marchista Sunan (kemeja biru), Kepala Kantor Perwakilan Rumah Zakat Kepri Muhammad Isa (berkacamata, tengah) berfoto bersama pengurus Rumah Zakat Kepri serta loper koran penerima paket Ramadan Berdaya di kantor Batam Pos, Senin (3/6). (Foto: Ali Ibenk/Batam Pos)

batampos.co.id – Rumah Zakat (RZ) Perwakilan Kepri menyalurkan paket ”Ramadan Berdaya” kepada 25 loper dan pengecer Harian Pagi Batam Pos, Senin (3/6). Masing-masing paket berisi kain sarung, tupperware lengkap tempat kue, sirup, minyak goreng, beras, dan gula.

”Plus masing-masing paket berisi uang saku Rp 150 ribu. Semoga dengan uang tersebut bisa dipakai untuk menyambut Lebaran,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Rumah Zakat Kepri, Muhammad Isa sembari menyerahkan paket secara simbolis yang diterima Direktur Harian Pagi Batam Pos yang juga Direktur Utama batampos.co.id (induk Pro Pinang), Guntur Marchista Sunan di kantor Batam Pos, Senin (3/6).

Turut mendampingi Guntur antara lain Manajer Iklan Batam Pos Agus Triono, Manajer Pemasaran Herianton, Manajer HRGA Elmi Gusti, dan staf Batam Pos lainnya. Rusnawati, pengecer Batam Pos di Simpang Frengki mengucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat dan Batam Pos.

Rusnawati yang tinggal di Kampung Pisang dekat DC Mall ini adalah janda ditinggal mati oleh suaminya, Turman Siagian 14 tahun lalu. Dia sudah melakoni berjualan Harian Pagi Batam Pos untuk menopang hidup dan menafkahi delapan orang anak mereka. Kini, empat orang anaknya sudah menikah.

”Terima kasih atas bantuan ini, semoga Batam Pos bertambah jaya. Kalau Batam Pos bertambah jaya, kami juga ikut merasakannya,” ujar Rusnawati.

Hidup di Kota Batam dengan delapan orang anak tanpa suami, kata Rusnawati, merupakan beban berat baginya. Salah satu cara menopang hidup dengan pekerjaan halal tanpa keahlian khusus yakni berjualan koran.

Jujur dia mengaku tak ingin berjualan koran, bahkan kalau bisa bekerja di perusahaan-perusahaan atau kantor-kantor yang ada di Batam. Tapi karena tak memiliki keahlian ditambah lagi faktor umur dan beban anak, dia memilih cara tercepat berjualan koran karena tanpa modal dan tak ada risiko rugi.

Sementara Muhammad Isa menyebutkan, pihaknya bekerja sama dengan Batam Pos untuk menyukseskan program-program Rumah Zakat. Program dengan tema ”Ramadan Berjaya” tahun ini, ada empat program yang dilakukan Rumah Zakat.

Pertama, berbagi buka puasa, yakni telah menyalurkan 3.348 paket buka puasa ke masjid-masjid, musala-musala, dan panti-panti di sebelas wilayah di Batam yang jarang mendapatkan bantuan dari masyarakat.

Kedua, program Kado Lebaran kepada anak yatim yang saat ini telah disebarkan 324 paket. ”Dari 324 paket tersebut, lima paket telah disebarkan ke anak yatim rekanan Batam Pos. Isi Kado Lebaran ini tas sekolah, alat tulis, buku, dan makanan,” katanya.

Ketiga, Bingkisan Lebaran Keluarga yang saat ini telah disebarkan 200 paket. Keempat, Ramadan Berdaya yakni menyalurkan paket kepada janda yang berisi kain sarung, tupperware lengkap tempat kue, sirup, minyak goreng, beras, dan gula plus uang Rp 150 ribu.

”Program Ramadan Berdaya ini sudah disalurkan 73 paket, di antaranya 25 paket untuk loper dan pengecer Batam Pos,” ujar Muhammad Isa.

Di luar program di atas, Rumah Zakat memiliki program Ramadan Bebas Utang, yakni membantu masyarakat fakir miskin yang terlilit utang. ”Saat ini sudah tersalurkan Rp 7 juta. Utangnya dilunasi, fakir miskin tersebut tak perlu membayarnya ke Rumah Zakat,” ungkap Muhammad Isa.

Program lainnya yaitu pendidikan beasiswa bagi anak tak mampu dan pendampingan usaha bagi janda-janda produktif usia 40 tahun ke bawah.

”Dalam pendampingan ini, Rumah Zakat tak memberikan uang tapi apa yang dibutuhkan. Kemudian dibeli lalu didampingi sampai berhasil mandiri,” ujar Muhammad Isa.

Sementara Guntur menyebut, Batam Pos–baik koran maupun online–mendukung program-program Rumah Zakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ini. ”Bahkan, kalau ada kegiatan yang bisa dikerjasamakan, kita kerjasamakan. Kalau ada event Batam Pos, kami akan kasih stan untuk Rumah Zakat,” ujar Guntur.

Hal yang senada dikatakan Agus Triono. Diungkapkannya, program ambulans gratis yang diadakan Rumah Zakat merupakan program kerja sama dengan Batam Pos. ”Intinya, Batam Pos siap memberikan support kegiatan Rumah Zakat,” ujar Agus. (***)

 

Reporter: Anwar Saleh

Editor: Ratna Irtatik