Kepala Kantor BPS Kepri, Zulkipli. F.Peri Irawan / Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Zulkipli mengatakan perkembangan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kepri pada bulan April 2019 mencapai 236.124 kunjungan, mengalami penurunan sebesar 9,88 persen dibandingkan jumlah wisman pada bulan Maret 2019 sebanyak 262.017 kunjungan.

“Ini merupakan tren,  bulan Maret naik namun pada bulan April kembali turun,” kata Zulkipli.

Lanjutnya menjelaskan, jika dibandingkan dengan April 2018, kunjungan wisman April  2019 mengalami  kenaikan sebesar 21,64 persen, itu menunjukkan bahwa minat pariwisata tahun 2019 jauh lebih baik.

“Malahan tahun ini naik tajam sebenarnya,” ujarnya.

Berdasarkan grafik pada bulan Maret itu, bertepatan dengan libur sekolah, sehingga wisman juga meningkatkan, dan akan turun pada bulan April karena sudah memasuki jadwal sekolah, dan kembali ramai pada bulan Ramadan hingga Lebaran.

“Ini merupakan tren, sehingga sering terjadi turun naik kunjungan wisman,” ungkapnya.

Saat ini wisman terbanyak tetap datang dari Singapura, Tiongkok,  Filipina, Malaysia, penurunan kunjungan tersebut dikarenakan wisman yang datang hanya sebentar yang menetap di Kepri, berbeda halnya dengan kunjungan wisatawan lokal yang mengalami sedikit kenaikan.

“Wisman lokal kita meningkat tapi tidak begitu tinggi,” Kata Zulkipli. (cr2)

Loading...