La Mane (pakai peci) memeluk keluarganya usai divonis bebas. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

batampos.co.id – Terdakwa kasus pencurian pelat baja jembatan Dompak, La Mane divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Jumat (14/6).

Dalam putusannya, hakim ketua Edwart Sihaloho menyatakan, terdakwa tidak terbukti melakukan pencurian. Dari fakta persidangan, unsur dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang mendakwa terdakwa dengan pasal 363 ayat 1 ke 4 dan pasal 362 KUHP, tidak terbukti.

“Membebaskan terdakwa dari segala dakwaan jaksa,” kata hakim.

Sebelumnya diketahui, JPU menuntut terdakwa dengan pidana dua tahun penjara. Menurut JPU, terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan pencurian pelat baja jembatan Dompak.

“Kami menyatakan pikir-pikir,” kata JPU M Andi Arief.

Diketahui, kasus hilangnya pelat baja milik Pemerintah Provinsi Kepri bermula dari surat dikirimkan Inspektorat Kepri, pada Agustus 2018. Surat itu berisikan permintaan bantuan penyelidikan atas hilangnya pelat baja sisa pembangunan Jembatan Dompak, Tanjungpinang.

Berdasarkan surat tersebut, akhirnya polisi melakukan penyelidikan dan menetapkan La Mane sebagai tersangka pencurian pelat baja tersebut.

La Mane mendapatkan uang sebanyak Rp 119 juta dari hasil penjualan pelat baja. Dan uang tersebut, sebanyak Rp 10 juta dikeluarkan sebagai upah sewa lori. Lalu sebanyak Rp 100 juta, diserahkan ke seseorang bernama Andi Cori Patahudin yang meminta La Mane untuk menjual pelat baja tersebut. Sedangkan uang sebanyak Rp 9 juta, diambil La Mane sebagai jasanya membawa dan mengirimkan pelat baja.

Menurut pengakuan La Mane yang tidak mengetahui bahwa pelat baja tersebut bermasalah, dugaan tindak pencurian barang milik negara ini dilakukan pada Juni 2018.

Dengan menggunakan dua unit lori, La Mane berhasil membawa 106 keping pelat baja. Pelat baja kemudian dijual ke penampungan besi tua milik Rifin di Batu 18, Kijang. Pelat baja lalu dikirimkan ke Tanjungbalai Asahan, Sumatera Utara melalui Pelabuhan Kijang. (odi)

Loading...