Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, Afrizal. F.Istimewa

PRO PINANG – Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, Afrizal mengatakan sebanyak 12.900 Jamaah Calon Haji (JCH) 2019 dari empat Provinsi akan berangkat lewat Embarkasi Batam. Kloter pertama dijadwalkan berangkat pada 6 Juli 2019 mendatang.

“Keempat Provinsi tersebut adalah Provinsi Kepri, Provinsi Riau, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Jambi,” ujar Afrizal di Tanjungpinang, Kamis (27/6).

Dijelaskannya, khusus untuk Provinsi Kepri, karena ada penambahan 210 CJH, maka secara keseluruhan ada 1.505 JCH yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji 1440 H. Menurut Afrizal, secara keseluruhan ada 29 kloter yang akan berangkat lewat Embarkasi Batam.

“Kalau untuk Kepri hampir empat kloter jumlahnya,” jelas Afrizal.

Mantan Kepala Kemenag Karimun tersebut juga mengatakan, untuk kloter pertama berangkat sudah dijadwalkan pada 6 Juli 2019 mendatang. Masing-masing CJH sudah masuk asrama pada 5 Juli 2019 mendatang.

“Petugas pendamping haji juga sudah siap melaksanakan tanggungjawabnya,” tegasnya.

Ditambahakannya, dalam menghadapi persiapan haji, pihaknya juga sudah memberikan materi pembekalan diisi dengan simulasi gladi posko petugas haji mulai dari keberangkatan hingga perpulangan. Simulasi ini melibatkan keseluruhan unsur petugas haji mulai diantaranya tim kesehatan, perlindungan jemaah, konsumsi, dan transportasi.

“Kita tentu berharap, semua berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan yang mengganggu jalannya proses ibadah haji,” tutup Afrizal.(jpg)