Kepala Disperdagin Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, Senin (15/7). F.Peri Irawan/ Batam Pos

PRO PINANG – Harga cabai merah di Kota Tanjungpinang masih mahal, saat ini harga jual cabai berkisar antara Rp 90-95 ribu per Kilogram (Kg) di Pasar Baru Tanjungpinang, Senin (15/7).

Pantauan Batam Pos kenaikan harga cabai sudah terjadi beberapa hari menjelang lebaran 2019, namun hingga saat ini harga cabai merah masih bertahan di atas harga normalnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Kadisperdagin) Tanjungpinang, Ahmad Yani mengakui saat ini harga cabai merah masih mahal disebabkan harga dari produsen sudah dijual mahal.

“Harga di Jawa lebih Rp 67 ribu per Kg bahkan di Semarang mencapai Rp 75 ribu per Kg,” kata Yani.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Bintan Center Tanjungpinang, Senin (15/7). F.Peri Irawan / Batam Pos

Lanjutnya menjelaskan, walaupun sudah ada operasi pasar dari Disperindag Provinsi pada bulan Ramadan lalu, namun belum ada realisasinya sampai saat ini.

Yani mengatakan itu merupakan mekanisme pasar sehingga Disperdagih tidak bisa menekan agar harga cabai itu untuk turun, saat ini salah satu antisipasinya adalah dengan menurunkan harga kargo karena saat ini per kilonya dari Jawa ke Batam Rp 25.500 dan ongkos kirim dari Batam Ke Tanjungpinang Rp 3.000-Rp5.000 per Kg.

“Serta mengimbau agar masyarakat dapat menanam cabai disekitar rumah untuk mencukupi kebutuhan cabai yang saat ini masih mahal,” ucapnya.

Selain itu Pemko saat ini juga sedang mencari lahan tidur untuk dijadikan lahan pertanian dan ditanami cabai untuk menekan harga cabai, khususnya cabai merah. (cr2)