Petugas memeriksa blok deteni di Rudenim Tanjungpinang. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG – Petugas Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang menggeledah sembilan blok yang dihuni deteni, Selasa (16/7).

Hasilnya petugas menemukan sejumlah barang seperti pisau cukur, pisau lipat, alat pembuat tato, gunting, dan alat memasak nasi (rice cooker) serta laptop yang milik deteni.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Rudenim Tanjungpinang, Agung Astrawinata menjelaskan, penggeledahan yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi sejumlah barang yang boleh digunakan dan tidak boleh digunakan oleh deteni.

Selain itu sebagai langkah evaluasi seluruh sarana dan prasarana yang tersedia di blok yang kini dihuni oleh 154 deteni.

“Sekaligus pemeriksaan bangunan apakah masih layak huni apa tidak,” jelasnya.

Terkait hasil temuan, kata Agung, tidak ada larangan khusus bagi deteni untuk menggunakan barang-barang tersebut. Namun perlu dilakukan pemilahan terhadap barang-barang milik deteni.

“Perlu dilihat apakah barang-barang ini berbahaya bagi deteni maupun petugas,” katanya.

Selanjutnya, untuk barang-barang temuan yang dinilai tidak sesuai peruntukannya, akan segera dimusnahkan. “Yang berguna dan tidak bahaya dikembalikan kepada deteni,” kata Agung. (odi)