Satpam mengikuti pelatihan kemampuan dasar di Senggarang. F.Humas Polsek Tanjungpinang Kota untuk Batam Pos

PRO PINANG – Sebanyak 26 Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti pelatihan kemampuan dasar dan displin di Mapolsek Tanjungpinang Kota, Senggarang, Kamis (18/7).

Peserta dibekali dengan pelatihan dasar seperti baris berbaris, kemampuan bela diri Polri dan pelatihan ilmu kepolisian terbatas.

Loading...

Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Reza Anugerah menjelaskan, pelatihan tersebut sesuai dengan Undang undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Salah satunya yang menjadi tugas kepolisian adalah membina masyarakat agar sadar hukum dan taat terhadap hukum.

Selain sebagai bentuk kemitraan kerja dengan pengguna jasa satpam, kepolisian juga meiliki peran sebagai pembina fungsi bagi anggota satpam. “Selain bersinergi dengan masyarakat, polisi juga dibantu oleh pengamanan swakarsa seperti satpam,” jelasnya.

Pelatihan dasar yang diberikan bertujuan agar satpam dapat membantu tugas tugas kepolisian mencegah dan mengantisipasi gangguan kejahatan di lingkungan kerjanya.

Pelatihan kemampuan ini dapat menjadi pedoman dan peningkatan kemampuan masing-masing anggota Satpam.

“Satpam juga dibekali cara-cara menjaga, melindungi dan menangani gangguan keamanan serta mengamankan pelaku kejahatan,” kata Reza.

Satpam yang telah dibekali dengan kemampuan dasar ini, diharapkan mampu melaksanakan tugas pengamanan objek vital seperti perkantoran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjungpinang dan Rumah Dinas DPRD serta objek vital lainnya.

“Pelatihan ini dapat meningkatkan kedisiplinan, saat satpam melaksanakan tugas di lingkungan kerjanya,” tutup Reza. (odi)

Loading...