Humas PT Pelindo I, Yogi Silalahi saat memantau mesin E-Tiketing di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Jum’at (19/7). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Usai peresmian E-Pass atau sistem non tunai yang diterapkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang tahun 2018 lalu, dalam waktu dekat PT Pelindo I akan melakukan soft launching E-Tiketing atau tiket dengan sistem elektronik.

Manager Teknik PT Pelnindo I Tanjungpinang, Polasa mengatakan sebelumnya E-Tiketing di Pelabuhan SBP terkendala oleh kerjasama Pelindo dengan agen-agen travel yang belum selesai sehingga penerapannya tidak bisa dilaksanakan.

“Bulan depan akan mulai berlanjut dan sistem kerjasama dengan agen travel sedikit diubah sehingga E-Tiketing bisa berjalan,” kata Polasa.

Ia berharap usai dibuka nanti E-Tiketing bisa berjalan baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat Tanjungpinang segala kemudahannya.

“Terutama untuk menghindari dan mengurangi transaksi uang tunai,” katanya.

Senada dengan Humas PT Pelindo I, Yogi Silalahi, mengatakan jika tidak ada hambatan akhir bulan Juli 2019 akan dilakukan peresmian E-Tiketing di Pelabuhan SBP, karena semua persiapannya sudah selesai tinggal pengoperasianya.

Humas PT Pelindo I, Yogi Silalahi saat memantau mesin E-Tiketing di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Jum’at (19/7). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Nanti di mesin ini masyarakat bisa memilih langsung lokasi tujuan dan menggunakan E-Pass untuk pembayarannya langsung pada mesin,” ujar Yogi saat ditemui di Pelabuhan SBP, Jum’at (19/7).

Yogi menyampaikan walaupun sudah ada E-Tiketing, tapi pembelian tiket secara manual masih tetap diberlakukan, dan nanti pembelian tiket juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi seperti Traveloka, karena saat ini secara umum masyarakat sudah menggunakan smartphone sehingga lebih mudah.

“Dalam beberapa hari ke depan aplikasinya sudah akan selesai,” kata Yogi.

Selain lebih praktis, sistem E-Tiketing juga sedikit lebih murah dibandingkan beli tiket manual, walaupun hanya lebih murah sekitar Rp 2.000-3.000 namun menurut masyarakat akan senang dengan sistem E-Tiketing itu.

“Orang tidak perlu bawa uang tunai, pakai E-Money seprti Brizi, BCA Plus sudah bisa membeli tiket kapal,” tuturnya.(cr2)

Loading...