General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra. F.Istimewa

PRO PINANG – General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, M Irwansyah Putra mengatakan sangat mendukung daerah-daerah di Provinsi Kepri, seperti Anambas sebagai salah satu destinasi wisata. Untuk percepat pengembangan wisata, PLN berkomitmen untuk memperkuat kehandalan sistem kelistrikkan daerah.

“Kami sudah menunjukkan komitmen kami untuk mendukung pembangunan pariwisata di Anambas. Seperti keterlibatan kami dalam menjaga pasokkan listrik pada Festival Padang Melang 2019,” ujar M Irwansyah Putra dalam siaran persnya, kemarin.

Menurutnya, pihaknya juga sudah berdiskusi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan Bupati Anambas. Disebutkannya, pada annual iven tersebut, PLN juga membuat posko siaga di lokasi berlangsungnya acara agar tetap dapat memberikan pelayanan prima.

“Kedepannya PLN akan selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk setiap iven-iven wisata. Ketersediaan listrik didaerah-daerah terdepan adalah prioritas kami tentunya,” jelas M Irwansyah.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Kepri nonaktif, Nurdin Basirun, mengatakan persoalan listrik masih menjadi fokus pekerjaanya kedepan. Ditegaskannya juga, pihaknya bersama DPRD Kepri akan menggesa pembentukan Kantor Wilayah (Kanwil) PLN Provinsi Kepri. Menurut Nurdin, kehadarin Kanwil menjadi kebutuhan mutlak bagi percepatan pembangunan infrastruktur listrik di Kepri.

“Memang pembentukan Kanwil PLN Kepri menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita yang belum selesai. Tentu ini yang harus sama-sama kita gesa bersama dengan DPRD Kepri,” ujarnya.

Dijelaskan Nurdin, Kepri merupakan daerah yang unik karena setiap daerah terpisah oleh laut, artinya menyangkut rentang kendali. Kondisi ini tentunya membutuhkan perhatian serius. Diakuinya, luasnya cakupun Kanwil PLN Riau-Kepri tentunya menjadi kendala untuk melakukan percepatan pembangunan. Selain itu juga berkaitan dengan kebijakan-kebijakan strategis.

“Harapan kita dengan lahirnya Kanwil PLN Kepri nanti adalah percapatan pembangunan infrastruktur listrik. Listrik merupakan instrumen pembangunan yang sangat dibutuhkan. Mimpi kita adalah merangkai Kepri dengan listrik kedepannya,” papar Nurdin.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat ini, pihaknya bersama-sama dengan DPRD Kepri akan meminta waktu ke Pemerintah Pusat terkait keinginan ini. Apalagi ini sudah menjadi tuntutan masyarakat. Untuk lokasi tidak akan menjadi persoalan, karena Pulau Dompak yang merupakan Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri masih memiliki lahan yang kosong.

“Apalagi saat ini, kita ingin menggesa pembangunan Dompak. Dengan adanya kantor-kantor bisa menjadi penggerak bagi percepatan pembangunan Dompak kedepan,” tutup Nurdin.(jpg)