Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan (DKPPKH) Provinsi Kepri, Ahmad Izhar.F.Istimewa

PRO PINANG – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kesehatan Hewab (DKPKH) Provinsi Kepri, Ahmad Izhar mengatakan harga hewan kurban di Provinsi Kepri menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H mengalami kenaikan 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Menurutnya, angka permintaan hewan kurban diprediksikan meningkat pada tahun ini.

“Kenaikan harga dipengaruhi ketersediaan hewan lokal dan ditambah lagi berapa besar jumlah hewan kurban yang didatangkan dari luar Kepri. Kondisi tersebut berpengaruh pada stabilitas harga hewan kurban di pasaran,” ujar Ahmad Izar, Minggu (28/7).

Menurut Mantan Pejabat Bintan tersebut, saat ini harga sapi dipasaran paling murah adalah pada angka harga Rp18 juta. Harga tersebut untuk satu ekor sapi berukuran sekitar 60 kilogram keatas. Sementara untuk hewan kurban jenis kambing paling kecil saja saat ini dipatok dengan harga sekitar Rp3 jutaan.

“Untuk sapi paling murah sekarang berkisar Rp 18 jutaan. Kenaikannya sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun yang lalu,” jelasnya.

Hewan kurban sapi di tempat Sri Mulyati, Km 6 bawah. F.Peri Irawan / Batam Pos

Ditanya mengenai jumlah hewan kurban yang masuk ke Kepri pada tahun ini, Izhar mengaku belum dapat memberikan angka pasti. Hal itu disebabkan, pihaknya masih perlu mendata jumlah hewan kurban yang masuk menjelang perayaan Idul Adha 1440 H pada Agustus mendatang. Meskipun demikian, pihaknya memprediksi angka tersebut tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni berkisar 2.500 ekor sapi dam 1.000 ekor kambing.

“Jika terjadi kenaikan, angkanya tidak jauh dari permintaan tahun yang lalu. Sejak 2017 kenaikkan tidak bergitu signifikan,” paparnya.

Disebutkannya, pada tahun 2017 kebutuhan itu mencapai 6.248 ekor yang terdiri dari sapi sebnayak 2.098 ekor dan kambing sebanyak 4.150 ekor. Angka tersebut belum masuk jumlah kurban pada tahun 2018.

“Tahun lalu atau 1439 H berkisar 2.500-an ekor sapi, dan 1.000-an ekor kambing,” tutup Izhar.(jpg)