Plt Gubernur Kepri, Isdianto lepas balon sebagai tanda peresmian layanan pembelian tiket secara Online di halaman Gedung Daerah, Minggu (28/7). F. Humas Pelindo I Tanjungpinang untuk Batam Pos.

PRO PINANG – PT Pelindo I Tanjungpinang secara resmi luncurkan layanan E-Commerce atau layanan pemesanan tiket kapal laut secara online melalui aplikasi “Nyebrang Yuk” di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (28/7).

Pada era digital yang sudah semakin maju saat ini, pengguna transportasi laut sekarang bisa memesan tiket kapal penyebrangan antarpulau kapan dan di mana saja secara online, masyarakat tidak perlu bertatap muka dengan petugas tiket atau antre untuk mendapatkan tiket kapal laut.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I, Syahputera Sembiring mengatakan, saat ini layanan aplikasi Nyebrang Yuk pada tahap awal sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yang berangkat dari Terminal Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Pelabuhan Telaga Punggur, Batam.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto lepas balon sebagai tanda peresmian layanan pembelian tiket secara Online di halaman Gedung Daerah, Minggu (28/7). F. Humas Pelindo I Tanjungpinang untuk Batam Pos.

“Nantinya juga bisa ke berbagai daerah tujuan lainnya seperti Tanjung Balai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep,” ujar Syahputera.

Dijelaskan Syahputera untuk pertama kali ditetapkan di Terminal Penumpang SBP dengan langkah awal menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group, Selanjutnya aplikasi ini akan bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini.

Seorang warga telah mengunduh aplikasi “NyebrangYuk”┬ádari playstore saat peresmian layanan pembelian tiket secara online di halaman Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang, Ahad (28/7). F.Humas Pelindo I Tanjungpinang untuk Batam Pos

“Tujuan digitalisasi ini untuk layanan yang cepat, tepat, dan akurat yang semakin memudahkan masyarakat,” ungkapnya.

Meski demikian, General Manager (GM) Pelindo I, Arif Indra Pradana mengatakan walaupun saat ini sudah ada layanan pembelian tiket secara online, pelabuhan SBP tetap menyediakan pembelian tiket secara manual melalui loket agen tiket yang ada di pelabuhan SBP, serta sudah tersedia empat mesin KiosK pembelian tiket yang bisa digunakan masyarakat.

“Karena ini baru awal makanya kita tetap sediakan pembelian secara manual,”sebutnya.

Beberapa warga telah mengunduh aplikasi “NyebrangYuk”┬ádari playstore saat peresmian layanan pembelian tiket secara online di halaman Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang, Ahad (28/7). F.Humas Pelindo I Tanjungpinang untuk Batam Pos

Arif mengatakan aplikasi itu mampu memberikan data penumpang secara digital disetiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime.

“Aplikasi yang mudah dioperasikan ini membuat masyarakat bebas memilih kapal dan destinasi yang diinginkan yang dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran elektronik,” tambahannya.

Senada dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan aplikasi itu menjadi wujud keseriusan Pelindo I dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, maka mari bersama-sama menggunakan dan memanfaatkan aplikasi itu.

General Manager (GM) Pelindo I, Arif Indra Pradana foto bersama saat peresmian layanan pembelian tiket secara online di halaman Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang, Ahad (28/7). F.Humas Pelindo I Tanjungpinang untuk Batam Pos

“Semoga akan ada berbagai inovasi baru dari Pelindo I dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” harapnya.

Isdianto mengimbau untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket kapal laut, mari para perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan untuk menggunakan aplikasi itu bersama-sama, dan juga untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah.

“Diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata yang mampu memudahkan wisatawan untuk membeli tiket secara online dari mana saja,” tutupnya. (cr2)