Ketua TAPD Pemprov Kepri, H TS Arif Fadillah. F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

PRO PINANG – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri menargetkan pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2019 dikebut pada bulan Agustus ini. Ketua TAPD Pemprov Kepri, TS Arif Fadillah menargetkan penyerahan Draf APBD P TA 2019 ke DPRD Kepri pada pekan pertama bulan ini.

“Saat ini kita masih terus mengupayakan penyiapan draf APBD Perubahan tahun 2019, dan kita harap dapat dibahas pada awal Agustus ini bersama DPRD Kepri,” ujar Arif Fadillah, kemarin di Tanjungpinang.b

Pria yang merupakan Sekda Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, penyusunan draf APBD P terus digesa bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemprov Kepri. Ia berharap dengan percepatan ini, pengesahan APBD Perubahan tidak terlambat. Menurut Arif, sejalan dengan ini, pihaknya juga tengah fokus menyelesaikan draf APBD Murni 2020 yang bakal dibahas usai pembahasan APBD Perubahan Kepri 2019 ini.

“Dua-duanya kita gesa, sehingga semua bisa tuntas pada waktu yang kita targetkan,” tegas Mantan Sekda Karimun tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Provinsi Kepri, Naharudin mengatakan bahwa untuk APBD Murni 2020 dijadwalkan mengalami keterlambatan. Menurutnya,  sesuai amanat Permendagri untuk penyampaian KUA PPAS yang dijadwalkan pada bulan Juli ini,” tegas Naharuddin.

Naharuddin menyampaikan keterlambatan ini disebabkan adanya beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang masih dalam tahap persiapan rencana kerja (renja). Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah tersebut juga mengatalan, menyikapi hal itu, pihaknya terus menggesa OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri untuk dapat sesegera mungkin menyusun renja dan program kegiatan yang bakal masuk dalam APBD Murni 2020 mendatang.

“Semakin cepat Renja dari OPD disampaikan, maka penyusunan draf APBD 2020 juga cepat dilakukan,” jelas Naharuddin.(jpg)