Ketua Bidang Abdimas, TTG dan Humas Pramuka Kwarda Kepri, Sardison saat jadi inspektur upacara sebelum melakukan aksi bersih-bersih di Terminal Sei Carang, Sabtu (3/8) pagi lalu. F.Dokumentasi Pramuka Kwarda Kepri

PRO PINANG – Ratusan Anggota Pramuka Kwarda Kepri yang tergabung dalam Pramuka Peduli menggelar aksi bersih-bersih di Terminal Sei Carang, Tanjungpinang, Sabtu (3/8) pagi lalu. Pada kegiatan tersebut sebanyak 67 karung sampah seberat 270 kilo gram dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ganet, Tanjungpinang.

“Kegiatan ini memang kita kemas khusus menyosong Hari Pramuka ke 58 Tahun. Terlepas dari pada itu, kegiatan ini adalah mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Ketua Bidang Abdimas, TTG dan Humas Pramuka Kwarda Kepri, Sardison, Minggu (4/8).

Dijelaskannya, Terminal Sungai Carang bukan hanya sebagai markan Dinas Perhubungan Kota, Tanjungpinang. Namun disekitarnya juga ada Taman Batu 10 yang menjadi tempat rekreasi terbuka bagi masyarakat. Maka dari itu, Pramuka perlu berpartisipasi sosial kepada masyarakat. Selain itu memberi contoh kepada pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan.

Pramuka Peduli Kwarda Kepri melakukan aksi bersih-bersih di Terminal Sei Carang, Sabtu (3/8) pagi lalu. F.Dokumentasi Pramuka Kwarda Kepri

Pria yang merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kependudukkan dan Catatan Sipil juga mengatakan, Pramuka sebagai pioner dalam aspek sosial masyarakat dengan perannya membangkitkan semangat untuk terus mendedikasikan ilmunya bagi negara dan bangsa. Lebih lanjut katanya, kegiatan sosial seperti ini memang rutin di laksanakan.

“Ada sekitar tiga ratus relawan yang ikut aksi bersih-bersih ini. Sebanyak 67 karung sampah dengan berat 270 kg kita kumpulkan. Semoga ini membuat asri dan bersih kawasan Terminal Sei Carang,” harapnya.

Pramuka Peduli Kwarda Kepri melakukan aksi bersih-bersih di Terminal Sei Carang, Sabtu (3/8) pagi lalu. F.Dokumentasi Pramuka Kwarda Kepri

Ditambahkannya, jumlah peserta hadir lebih kurang 300 org yg berasal dari Gugus Depan sekota Tanjungpinang, Satuan Karya, DKD Kepri dan DKC Tanjungpinang.

“Selain ini, kita sudah merancang bermacam kegiatan sosial sempena Hari Pramuka ke 58,” tutup Mantan Kepala Biro Administrasi Pemprov Kepri tersebut.(jpg)