Salah satu pedagang cabai di Pasar Baru Tanjungpinang, Jum’at (9/8). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Menjelang Lebaran Idul Adha 2019, harga cabai merah maupun cabai rawit di Pasar Baru Tanjungpinang kembali mengalami kenaikan.

Pantauan Batam Pos, saat ini harga cabai rawit Thailand mencapai Rp 120 ribu per Kg, harga tersebut lebih murah dua hari sebelumnya mencapai Rp 125 ribu per Kg,  sedangkan harga cabai merah dijual dengan rentang harga Rp 105-108 ribu per Kg sementara bebera hari sebelumnya dijual Rp 90-95 ribu per Kg.

Salah satu pedagang di Pasar Baru Tanjungpinang, Muklis, 27, menjelaskan hari ini menjual cabai rawit Thailand seharga Rp 120 ribu per Kg, cabai merah Rp 105 per Kg dan cabai hijau dengan harga yang lebih murah Rp 40 ribu per Kg.

“Cabai hijau memang relatif lebih murah karena pemasoknya juga banyak,” kata Muklis,  Jum’at (9/8).

Ia mengatakan alasan menjual cabai dengan harga tinggi karena harga yang dibeli dari pemasok juga mahal, sehingga ia harus mengikuti dengan harga yang sesuai agar tidak rugi.

“Kita menyesuaikan saja dengan distributor agar tidak rugi,” ucapnya.

Ia mengatakan, rata-rata saat ini masyarakat yang membeli sedikit saja, karna kebutuhan lain yang akan dibeli juga terlebih saat akan Lebaran Idul Adha, sehingga cabai yang dijual habisnya lama.

“Banyak yang memilih untuk beli setengah kilo saja, kalau eceran saya jual Rp 12 ribu per ons,” sebutnya.

Selain itu, Rahmad 32, pedagang cabai dan sayur menjelaskan harga bawang merah saat ini masih terbilang stabil dijual Rp 30-36 ribu per Kg, bawang Bombai Rp 15 ribu per Kg, sedangkan bawang Birma dijual antara  Rp 18-20 ribu per Kg.

“Sayur juga masih normal, kacang panjang Rp 9 ribu per Kg, Bayam Rp 7 ribu per Kg dan kol Rp 9 ribu per Kg,” ungkapnya. (cr2)