Petugas SAR Tanjungpinang mengevakuasi korban yang tak sadarkan diri saat menguras sumur. F.SAR Tanjungpinang untuk Batam Pos

PRO PINANG – Dua warga yakni Johan, 48 dan Triono, 36 tak sadarkan diri saat memperbaiki pompa air yang berada di sumur Perumahan Citra Pelita Jalan Hanjoyo Putro Batu 9 Tanjungpinang, Senin (12/8) sekitar pukul 08.00 WIB. Sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit Ahmad Thabib Tanjungpinang, nyawa Johan tak tertolong. Sedangkan Triono masih menjalani perawatan.

Awalnya, Johan masuk ke sumur dengan menggunakan tali untuk membersihkan sumur sekaligus memperbaiki mesin pompa air yang berada di dalam sumur. Beberapa menit berada di dasar sumur dengan kedalaman delapan meter tersebut, korban merasa lemas. Diduga karena kekurangan oksigen dan menghirup gas beracun. Korban lalu berteriak minta tolong.

Loading...

Teriakan tersebut direspon oleh Triono, tetangga korban. Triono lalu ikut masuk ke dalam sumur untuk membantu korban tanpa menggunakan alat pengaman. Ia berhasil turun, namun setelah berada di dalam sumur untuk membantu menyelamatkan Johan, ia ikut merasa lemas. Dirinya kemudian berteriak meminta tolong.

Mendengar teriakan tersebut, warga lainnya medatangi lokasi dan berusaha membantu menolong mengeluarkan korban dengan menggunakan tali. Namun usaha tersebut tak membuahkan hasil.

“Saya langsung mengambil kipas angin, lalu memasukkannya ke dalam sumur biar dua korban mendapatkan udara,” kata Edi, salah seorang warga yang menolong.

Mendapat laporan warga, petugas SAR Tanjungpinang tiba di lokasi kejadian untuk mengevakuasi dua korban sudah yang tak sadarkan diri di dalam sumur. Tak lama kemudian, petugas SAR berhasil mengeluarkan dua korban dari sumur.

“Keduanya langsung dibawa ke rumah sakit Ahmad Tabib Tanjungpinang,” kata Edi.

Kepala SAR Tanjungpinang, Mukmin Maulana menjelaskan, tiba di lokasi kejadian, pihaknya mengevakuasi dua korban menggunakan alat Lifting Lowring. Awalnya petugas berhasil mengeluarkan Triono. Kemudian petugas berhasil mengeluarkan Johan dari dalam sumur.

“Keduanya selamat dan langsung mendapat perawatan di rumah sakit,” jelasnya.

Saat di rumah sakit, lanjut Mukmin, dua korban mendapat pertolongan medis. Dua korban diduga telah menghirup has beracun yang berada di dasar sumur.

“Korban atas nama Johan dinyatakan meninggal dunia. Sementara korban Triono selamat,” ungkapnya. (odi)

Loading...