Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang bersama Kepala Kantor BNN Tanjungpinang tandatangani nota kesepahaman, Kamis (15/8). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tanjungpinang terus perluas program rencana aksi nasional (RAN) pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika (P4GN) dengan menggandeng Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang.

Kegiatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak terkait untuk bersama mensukseskan program nasional itu.



Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Hongki Juanda mengatakan penandatangan nota kesepahaman itu merupakan tindaklanjut dari Instruktsi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2018 tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba yang merupakan aksi secara nasional.

“Kita bersinergi dalam membantu BNN yang dilanjutkan dengan sosialisasi dan pemeriksaan urine pegawai Kantor Imigrasi ini,” kata Hongki, Kamis (15/8).

Ia mengingatkan kepada pegawai Kantor Imigrasi kelas I Tanjungpinang minimal mencegah, jangan sampai terlibat penggunaan atau pengedar narkoba, itulah tonggak nota kesepahaman bersama BNN.

“Akan sesegera mungkin kita lakukan tes urine karena juga butuh waktu untuk persiapan anggarannya,” sebutnya.

Hingga saat ini, Lanjutnya menjelaskan hingga saat ini para pegawai di Kantor Imigrasi Tanjungpinang bisa dikatakan berhasil dalam mengendalikan diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang bersama Kepala Kantor BNN Tanjungpinang tandatangani nota kesepahaman, Kamis (15/8). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Jangankan terlibat, melihat aja jangan sampai, sebab akan ada tindak tegas hukum nantinya, tidak ada ampunlah pokoknya untuk narkoba,” ujarnya.

Ia mengatakan narkoba merupakan masalah nasional, terlebih Tanjungpinang terletak di lokasi strategis diantara negara tetangga yang sering terjadi penyeludupan narkotik.

“Kepada para petugas kami tegaskan, ini bukan imbauan lagi, tapi merupakan peringatan, karena ada hukum yang berbicara,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor BNN Tanjungpinang, Darsono mengatakan kegiatan itu merupakan kegiatan mulia, sebab dengan dijalinnya kerjasama pemberantasan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) tentunya sangat membantu mensukseskan rencana aksi nasional itu.

“Semua harus kita jaga, mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Sebagai bentuk keseriusan dalam menjalankan program P4GN itu dilakukan penandatangan nota kesepahaman antar kedua instansi walaupun dulunya sudah dilakukan kerjasama, namun saat ini lebih diperkuat dan dipererat serta lebih kuat dalam pelaksanaannya.

“Saat ini sudah banyak intansi yang sudah melakukan MoU bersama BNN, mulai dari lingkungan Wali Kota, OPD, Lingkungan Pendidikan, Polres serta Lembaga pemerintah lainnya dengan tujuan yang sama, sehingga beban berat bisa ringan jika dilaksanakan secara bersama,” Imbuhnya. (cr2)

Loading...