Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang. F.Yusnadi / Batam Pos

PRO PINANG – Sebanyak 135 narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang menerima remisi atau pengurangan masa hukuman sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Kemerdekaan Indonesia. Dari jumlah tersebut, sembilan napi dinyatakan langsung bebas, sementara napi lainnya, mendapatkan pengurangan masa tahanan sebanyak satu bulan hingga enam bulan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo menjelaskan, napi yang berkelakuan baik, tidak sedang menjalani hukuman disiplin dan telah mengikuti program pembinaan dengan predikat baik, berhak untuk mendapatkan remisi.



Pemberian remisi, sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 tentang perubahan kedua PP nomor 32 tahun 1999 tentang Syarat dan Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. “135 Warga binaan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi,” kata Fajar, Jumat (16/8).

Napi yang mendapatkan remisi, lanjut Fajar, merupakan napi yang terjerat kasus pidana umum dan pidana khusus seperti pencurian, narkoba, pencabulan dan penggelapan.

Dengan diberikannya remisi, diharapkan semua napi yang menjalani proses hukum, menjadi lebih baik ke depannya. Bagi napi yang dinyatakan bebas, dapat diterima baik di tengah masyarakat dan tidak akan mengulangi perbuatan melawan hukum setelah kembali ke masyarakat. (odi).

Loading...