Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul bersama Pemuda Pancasila (PP) Tanjungpinang foto bersama usai pembacaan puisi dilakukan renungan suci, Jum’at (16/8) malam. F.Peri Irawan / Batam Pos.

PRO PINANG – Menjelang peringatan hari ulang tahun RI ke-74, Pemuda Pancasila (PP) Tanjungpinang gelar renungan suci mengingat jasa para pahlawan serta memaknai bersama arti kemerdekaan Indonesia, di lapangan Tugu Proklamasi Riau, Jumat (16/8) malam.

Dalam renungan suci itu dipimpin oleh Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan diawali pembacaan puisi terkait makna kemerdekaan.



Syahrul menyampaikan sudah 74 tahun negara ini merdeka dan kemerdekaan itu direbut oleh para pemuda, sehingga pada saat ini seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan suasana kemerdekaan ini walaupun cita-cita para pahlawan belum bisa ter-cover 100 persen.

“Yaitu masyarakat yang adil dan makmur,” kata Syahrul dalam sambutanya.

Berbicara tentang Pemuda Pancasila, itu merupakan para generasi muda yang paham akan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila, dan semuanya harus benar-benar memahami ideologi Pancasila di Indonesia yaitu sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

“Pemuda Pancasila harus punya tekad yang kuat untuk sama-sama mempertahankan negeri ini, sama-sama berjuang memajukan Kota Tanjungpinang,” tegasnya.

Syahrul imbau kepada seluruh PP yang hadir untuk menghayati dan berbahagia menyambut detik-detik proklamasi. 

Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul bersama Pemuda Pancasila (PP) Tanjungpinang foto bersama usai pembacaan puisi dilakukan renungan suci, Jum’at (16/8) malam. F.Peri Irawan / Batam Pos.

“Besok secara serentak di seluruh negeri ini dari Sabang sampai Merauke memperingati peristiwa penting ini, perjuangan dan mengorbankan jiwa raga nyawa dan darah para  pejuang,”

Di tempat yang sama Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) PP Kota Tannungpinang, Bobby Jayanto mengajak kepada PP dengan niat yang tulus dan ikhlas bersama-sama merayakan hari kemerdekaan Indonesia, semoga sesuai dengan doa yang seluruh masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik.

“Sekarang Pemuda Pancasila juga selalu harus siap membantu pembangunan Pemerintah Kota Tanjungpinang,” katanya.

Sementara itu Ketua Majelis Pimpin Cabang (MPC) PP Kota Tanjungpinang, Hengki Heriawan bersama Koordinator Acara Dicky Mardiansyah menyampaikan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan merupakan pengorbanan yang luar biasa tanpa pamrih dan tidak akan pernah bisa dilakukan para pemuda saat ini.

“Sekarang tugas kita selaku pemuda pancasila untuk menjaga persatuan dari segala perpecahan yang mengancam,” ujarnya.

Pada zaman dahulu saat Partai Komunis Indonesia (PKI) memporak porandakan dan menghancurkan bangsa Indonesia dengan kekasaran dan hegemoni, selain itu PKI  juga menghasut, memecah-belah, menghancurkan segala sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bertanah air.

“Saat itu atas gagasan dan prakarsa A H Nasution, lahirlah Pemuda Pancasila yang bersama bersatu melawan hasutan PKI tersebut,” tambahnya. (cr2)

Loading...