Kepala Kantor Kecamatan Tanjungpinang Kota, Nasrizal melepas peserta lomba gerak jalan pada garis star, Rabu (21/8). F. Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI, Kecamatan Tanjungpinang Kota meriahkan dengan lomba gerak jalan serta sosialisasi bahaya narkoba kepada pada peserta.

Sebelumnya juga sudah diadakan malam hiburan serta permainan rakyat di masing-masing kelurahan.

Kepala Kantor Kecamatan Tanjungpinang kota, Nasrizal mengatakan lomba gerak jalan itu terdapat empat kategori yaitu 1 Km, 4 Km, 5 Km, dan 9 Km yang diikuti sekitar 60 rombongan siswa dari tingkat TK hingga SMA di Kecamatan Tanjungpinang Kota.

“Setelah gerak jalan ini selesai kita lanjutkan dengan permainan rakyat yang diikuti para ibu-ibu dan anak-anak,” Kata Nasrizal saat melepas peserta lomba gerak jalan di garis star, Rabu (21/8).

Selain itu, Lanjut Nasrizal pada kegiatan yang sama juga dilakukan sosialisasi bersama Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tanjungpinang kepada peserta serta masyarakat yang hadir pada pagi itu tentang bahaya narkoba.

“Telihat mobil BNN dengan spanduknya mengajak masyarakat untuk menjauhi narkoba, dan dapat mengisi dengan kegiatan positif seperti lomba gerak jalan ini,” ujarnya.

Pada dasarnya setiap ada kegiatan besar di Kecamatan Tanjungpinang Kota, pihak nya selalu mengundang BNN untuk memberikan sosialisasi dan motivasi kepada masyarakat,  khususnya pada generasi muda, anak sekolah.

“Setiap acara kita undang karena selama ini silaturahmi dan kerjasama dengan BNN masih berjalan baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor BNN Kota Tanjungpinang, Darsono menyampaikan pada prinsipnya BNN itu berada di semua lapisan dan kalangan masyarakat, berada dimana saja, dan pada hari ini berada di lingkungan masyarakat yang di dalamnya ada pelajar, masyarakat, karyawan swasta, pegawai pemerintah.

“Jadi BNN membaur ke semua lingkungan, sebab ancaman narkoba itu sendiri tidak kenal status sosial seseorang baik itu pejabat maupun masyarakat biasa bisa diterkena bahaya narkoba,” kata Darsono.

Ia mengatakan pada hari ini sengaja hadir pada lomba gerak jalan yang gelar oleh Kecamatan Tanjungpinang Kota,  kita sosialisasi bahaya narkoba, sosialisasi rehabilitas, serta mengenal lebih jauh bahaya narkoba untuk hidup ke depan serta kerugian yang dialami jika sudah terkena narkoba.

“Dengan adanya mobil pemberdayaan masyarakat yang diletakkan dekat perlombaan gerak jalan juga dapat mengajak masyarakat peduli dengan bahaya narkoba itu,  dan mobil itu diberi slogan Sambang, karena tugasnya mendatangi, mengunjungi, silaturahmi kepada siapa saja,” tambahnya.

Saat ini melalui kerjasama yang dilakukan Pemko Tanjungpinang bersama BNN sudah mengcover seluruh kecamatan yang ada di Tanjungpinang sehingga kapanpun diminta sosialisasi BNN akan siap.

“Sehingga saat ini dalam rangka peringatan kemerdekaan RI kita tidak perlu berperang melawan penjajahan tapi cukup dengan mengisi dengan kegiatan positif bisalah satunya lomba gerak jalan,” imbaunya. (cr2)