Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal. F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG – Terkait maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkotika, Polres Tanjungpinang siap meminimalisir dan memberangus jalur masuk narkotika di Tanjungpinang.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal menjelaskan, Tanjungpinang menjadi salah satu daerah yang masuk dalam pemetaan Mabes Polri sebagai kawasan transit narkotika internasional.

“Polres Tanjungpinang akan fokus pada pemberantasan narkoba,” tegas Kapolres.

Sejumlah kawasan di Tanjungpinang, kata Iqbal, dijadikan sebagai pintu masuk narkotika. Menurutnya, di sejumlah kawasan ini, pihak kepolisian akan menerapkan pengamanan berlapis untuk mencegah masuknya narkotika.

Kepri yang dikelilingi lautan, lanjut Iqbal, memungkinkan Tanjungpinang menjadi pintu masuk narkotika. Untuk itu, Kepolisian telah melakukan pemetaan jalur-jalur tikus yang ada.

“Banyak jalur jalur tikus, kami akan memperkuat pengamanannya,” jelas mantan┬áKanit 2 Subdit III Dittpidnarkoba Bareskrim Polri ini.

Selain itu, Polres Tanjungpinang akan fokus pada upaya pencegahan dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya narkotika.

“Karena level pengguna narkoba ini berbeda, kami akan sosialisasi ke kampus, sekolah, dan organisasi masyarakat,” kata perwira yang berprestasi mengungkap peredaran sabu-sabu seberat 1,6 ton di Batam 2018 lalu ini. (odi)